Unsyiah dan Kementerian Perindustrian Jalin Kerja Sama

08.03.2018 Humas

Kementerian Perindustrian Republik Indonesia melalui Balai Riset dan Standardisasi Industri (Baristan) Banda Aceh menggandeng Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) sebagai mitra kerja sama. Nota kerja sama ini ditandatangi langsung Rektor Unsyiah Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng., dengan Ir. Abd. Rahman, M.T. selaku Kepala Baristan Banda Aceh, di Gedung Rektorat Unsyiah, Kamis (8/3).

Rektor mengatakan ruang lingkup kerja sama kedua belah pihak meliputi penelitian, pengembangan dan perekayasaan (litbangyasa) di bidang teknologi industri, pendidikan serta pelatihan.

“Kita juga telah sepakat untuk mengadakan pertemuan ilmiah. Baik seminar, lokakarya, konferensi, untuk skala nasional maupun internasional,” kata Samsul.

Dilanjutkan, kerja sama  lima tahun ini juga mencakup pertukaran informasi, tenaga ahli, dan publikasi hasil-hasil penelitian. Adanya pemanfaatan alat-alat ilmiah dan laboratorium serta sarana informasi ilmiah.

Menurut Abd. Rahman, pihak Baristan Banda Aceh tertarik menggandeng Unsyiah, sebab kampus ini memiliki sumber daya mumpuni. Apalagi Unsyiah memiliki lembaga penelitian Atsiri Research Center (ARC). Hal ini sejalan dengan penelitian Baristan yang fokus pada atsiri dan rempah-rempah.

          “Kita ingin bersama-sama menyumbangkan tenaga, pikiran dalam memanfaatkan serta mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan kapasitasnya,” sebutnya.

          Kerja sama ini juga menyepakati hak kekayaan intelektual akan dimiliki bersama. Hadir dalam kerja sama ini Wakil Rektor Bidang Kerja Sama, Dr. Nazamuddin, S.E., M.A, Kabag Kerja Sama dan Kasubbag Kerja Sama Dalam Negeri Biro Akademik, serta Kepala Seksi Baristan Banda Aceh. (mr)