IPC Kenalkan Dunia Maritim dan Kepelabuhan Kepada Mahasiswa Unsyiah

16.11.2018 Humas

PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau Indonesia Port Corporation (IPC) menggelar kegiatan IPC Goes to Campus untuk mengenalkan dunia maritim dan kepelabuhan kepada mahasiswa Universitas Syiah Kuala. Kuliah umum ini disampaikan oleh Direktur Utama IPC Elvyn G Masassya dihadapan 1.100 mahasiswa Unsyiah di Gedung AAC Dayan Dawood. (Kamis, 15/11).

Wakil Rektor I Unsyiah Prof. Dr. Marwan dalam sambutannya mengatakan, bahwa Unsyiah merasa terhormat karena pihak IPC telah memilih kampus ini dalam agenda goes to campus-nya. Menurut Marwan,  tema kegiatan seperti ini sangat penting sebab bisa membuka wawasan  para mahasiswa Unsyiah tentang dunia maritim dan kepelabuhan.

“Kegiatan ini sekaligus memberikan motivasi bagi kita, khususnya mahasiswa Unsyiah untuk melihat bagaimana Indonesia ke depan. Siapa tahu setelah ini, ada yang bercita-cita untuk bekerja di dunia maritim atau kepelabuhan, ” ucap Marwan.

Elvyn mengatakan, IPC Goes to Campus bukanlah untuk tujuan bisnis, tapi murni wujud dedikasi IPC terhadap pengembangan dunia pendidikan. IPC sebagai BUMN memang tidak hanya mencetak laba, tapi juga menjalankan tanggung jawab sosialnya pada dunia pendidikan untuk mendorong kesejahteraan masyarakat.

Kegiatan ini merupakan salah satu investasi jangka panjang perusahaan dan wujud kehadiran korporasi pada dunia pendidikan, yang telah terlaksana secara rutin dalam enam tahun terakhir. Untuk itulah, ia berharap kegiatan ini bisa berdampak positif bagi mahasiswa yang merupakan generasi penerus bangsa ini.

“Mahasiswa sebagai generasi mileneal akan menjadi future leaders dan global player di masa mendatang, untuk itu mahasiswa harus kreatif dan inovatif sehingga dapat berkompetisi dalam persaingan global,” ucapnya.

Dalam paparannya, Elvyn mengungkapkan bahwa IPC merupakan operator pelabuhan terbesar di Indonesia. Saat ini IPC memiliki 12 cabang pelabuhan yang tersebar di wilayah barat Indonesia. Selain itu, IPC juga memiliki 16 anak perusahaan  dan perusahaan afiliasi.

Elvyn menjelaskan, selama ini IPC berperan penting dalam menggerakkan perekonomian nasional, dalam upaya menurunkan diparitas harga yang diterjemahkan dengan perkuatan jalur logistik laut serta penguatan infrastruktur pelabuhan.

“Sebagai koorporasi yang memegang peranan penting di bidang logistik, IPC terus tumbuh dan berkembang menjadi pengelola pelabuhan kelas dunia yang unggul dalam operasional dan pelayanannya,” ucapnya.

Pada kegiatan ini IPC juga memberikan bantuan fasilitas pendidikan serta dana  pendidikan sebesar Rp. 50 juta, yang akan didistribusikan kepada mahasiswa Unsyiah. Turut hadir dalam kegiatan ini Wakil Rektor III Unsyiah Dr. Ir. Alfiansyah Yulianur BC dan Executive Vice President IPC Shanti Puruhita.