2400 Mahasiswa Unyiah Ikut Pembakalan KKN

29.06.2018 Humas

Sebanyak  2400 mahasiswa Universitas Syiah Kuala mengikuti pembakalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) priode 15 yang dimulai sejak 27 – 28 Juni 2018, yang dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor III Unsyiah Dr. Alfiansyah Yuliannur BC di Gedung AAC Dayan Dawood. (Kamis, 28/6).

Dari 2400 mahasiswa tersebut terdiri dari 2213 orang KKN reguler, 10 orang KKN Kebangsaan dan Bersama, 110 KKN PPM 1 – PPM 3, 49 orang KKN ENJ, dan 18 orang KKN PKM.

Kepala Pusat Pelaksanaan dan Pengembangan Kuliah Kerja Nyata (P3KKN) Unsyiah Prof. Dr. drh. Tongku Nizwan Siregar, M.P menjelaskan, KKN Unsyiah priode 15 ini akan dilaksanakan di Kabupaten Gayo Lues mulai tanggal 8 Juli -  7 Agustus 2018. Para mahasiswa akan disebar di 15 kecamatan Gayo Lues yaitu Blangkejren, Blang Pegayon, Rikit Gaib, Pinding, Pantan Cuaca, Dabun Gelung, Terangon, Blang Jerango, Kuta Panjang dan Putri Betung.

“Dari jumla tersebut, terbagi lagi yaitu setiap kelompok ada 15 orang/desa,” ujarnya.

Wakil Rektor III Unsyiah dalam sambutnya mengatakan, para mahasiswa Unsyiah selama mengikuti KKN nantinya harus mampu mengaplikasikan ilmu yang didapatnya di bangku kuliah untuk kemaslahatan masyarakat. Sebab KKN juga merupakan kesempatan untuk melatih diri dalam berinteraksi dengan masyarakat

“kalian orang pintar semua, maka curahkan ilmu yang kalian miliki itu untuk masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, Alfianysah juga berpesan agar mahasiswa Unsyiah harus bisa menjaga prilakunya dalam bergaul dengan masyarakat. Meghormati adat-istiadat yang ada setempat.

“Nama baik Unsyiah ada di tangan kalian. Bergaullah dengan prilaku yang baik, tunjukkan bahwa kalian mahasiswa yang berakhlak mulia,” pesan Alfiansyah.

Sementara itu Ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Unsyiah Sulaiman Abda mengatakan, para mahasiswa Unsyiah harus menjalani setiap proses KKN ini dengan niat yang tulus dan penuh semangat. Jangan pernah menganggap bahwa kegiatan KKN ini adalah beban, sehingga setiap prosesnya nanti bisa dijalankan dengan baik.

“Kalian ini nantinya adalah para pemimpin masa depan, nikmati semua proses ini. karena inilah kesempatan kalian dan menjadi model berharga sebagai pemimpin,” pesannya.