3.095 Lulusan SLTA Ikut Tes Jalur Mandiri di Unsyiah

17.07.2018 Humas

Sebanyak 3.095 lulusan SLTA, Selasa (17/7) mengikuti Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (SMM PTN-BARAT) di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah). Tes tulis itu dipusatkan di kampus setempat, kawasan Darussalam, Banda Aceh.
 
Wakil Rektor I Bidang Akademik, Prof. Marwan melalui Kepala Humas Unsyiah, Husni Friady MM mengatakan, peserta tes SMM PTN-BARAT 2018 dibagi dalam tiga kelompok yaitu saintek, soshum, dan kelompok ujian campuran.
 
Materi ujian untuk kelompok ujian Saintek, sebutnya, yaitu Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA), Tes Kemampuan Dasar (TKD), dan Saintek. Kelompok Soshum dengan materi ujian TKPA, TKD, dan Soshum. Sedangkan kelompok campuran dengan materi ujian TKPA, TKS, Saintek, dan Soshum.
 
Ia juga menjabarkan dari 3.095 peserta, sebanyak 1.313 orang di antaranya memilih saintek, 1.396 orang memilih soshum, dan 386 orang memilih kelompok campuran
 
Seperti informasi sebelumnya, kata Husni, Unsyiah menyediakan kuota 30 persen untuk mahasiswa baru dari jalur SMM PTN-BARAT. Sebelumnya, Unsyiah sudah melaksanakan dua jalur seleksi yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).
 
“Selain tes tulis, peserta yang memilih program studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (Penjakesrek) serta Seni Drama, Tari, dan Musik (Sendratasik) diwajibkan mengikuti ujian keterampilan,” ujar Husni Friady seraya menyatakan ujian keterampilan akan dilaksanakan pada 18-19 Juli 2017
 
Sementara hasil ujian jalur ini akan diumumkan pada 27 Juli 2017 pukul 14.00 WIB. “Hasil ujian akan diumumkan secara online pada situs http://www.smmptnbarat.id. Ujian SMM PTN-BARAT dilaksanakan secara serentak bersama 15 PTN yang ada di wilayah barat Indonesia,” pungkas Husni. 
 
Selain di Unsyiah, tes jalur mandiri ini juga berlangsung di Universitas Andalas (Unand), Universitas Jambi (Unja), Universitas Lampung (Unila), Universitas Bengkulu (Unib), Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang, Universitas Palangkaraya (UPR), Universitas Malikussaleh (Unimal), Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), Universitas Bangka Belitung (UBB), Universitas Teuku Umar (UTU), Institut Teknologi Sumatera (ITERA), Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Aceh, dan Universitas Samudera (Unsam). (fer)