Delegasi Timor Leste Belajar Mitigasi Bencana di Unsyiah

03.11.2017 Humas

Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Hubungan Masyarakat Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Dr. Nazamuddin, SE., MA, menerima 15 delegasi dari Timor Leste di ruang Balai Senat Unsyiah, Kamis (2/11). 

Kunjungan ini dalam rangka workshop penguatan kapasitas di bidang kebencanaan tsunami dan gempa bumi yang akan berlangsung pada tanggal 29 Oktober-4 November. Nazamuddin mengapresiasi kunjungan delegasi Timor Leste ke Unsyiah, terlebih dalam rangka meningkatkan pemahaman kebencanaan. Sebab menurutnya, setelah tsunami tahun 2004 silam, Unsyiah semakin fokus terhadap isu-isu kebencanaan dan mitigasi. Hal ini ditandai dengan hadirnya pusat riset tsunami dan mitigasi bencana TDMRC (Tsunami and Disastre Mitigation Research Center) yang telah menjadi laboratorium ilmu kebencanaan.

Sementara itu, Wakil Rektor Universidade Nacional de Timor Lorosae (UNTL), Prof. Eduardo Anniceto Serrao, mengatakan kunjungan ini bukan hanya untuk memperdalam ilmu kebencanaan, tetapi juga mempererat hubungan kedua institusi. Terlebih lagi kedua universitas telah memiliki MoU kerja sama.

“Prinsip kita sama untuk mendidik, riset, dan membawa hasil didik serta riset kepada masyarakat,” pungkasnya.

Eduardo juga berharap kunjungan dan workshop ini dapat semakin mengenal potensi masing-masing kedua universitas, sehingga membuka peluang kerja sama di bidang lain.

Hadir dalam pertemuan ini Wakil Rektor Bidang Administrasi dan Keuangan, Prof. Dr. Husni Jalil, SH., M.Hum, dan Ketua TDMRC, Dr. Khairul Munadi. [fer]