Dosen Malaysia Beri Kuliah Umum di FISIP Unsyiah

20.10.2017 Humas

Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), menggelar kuliah tamu (visiting Profesor) bersama Dr. Siti Suriani Othman, Dosen Universitas Sains Islam Malaysia, dengan tema Perubahan Lanskap Media: Siapa Wartawan dan Siapa Khalayak,  Senin (16/10) di aula FISIP Unsyiah.

Dr. Siti Suriani Othman mengatakan saat ini semakin banyak muncul media baru sehingga mengakibatkan tidak pastinya pemberi informasi dan proses gate keeping menjadi hilang. Ia juga memaparkan beragam ilmu jurnalistik terbaru yang menjadi bahan kajiannya. Ilmu ini dikaitkan dengan kondisi masyarakat dan hubungannya dengan media baru di era modern ini.

“Media baru telah membuat semua orang terlibat dalam proses jurnalistik sehingga sulit kita bedakan siapa yang menghantarkan maklumat (himbauan) dan siapa yang menerimanya. Di sinilah kita butuh untuk memahami filosofi jurnalistik,” kata Dr. Siti.

Ia juga berharap para mahasiswa FISIP Unsyiah dapat menjadi wartawan yang memahami filosofi jurnalistik sehingga memiliki jati diri yang kuat.

Sementara itu, Dr. Hamdani M. Syam, MA., Wakil Dekan II FISIP Unsyiah, berharap kegiatan ini dapat memberikan pemahaman bagi mahasiswa tentang ilmu dan filosofi jurnalistik. []