Fakultas Pertanian Unsyiah Peringati Milad ke 54, Harapan dan Tantangan di Era Revolusi Industri 4.0

21.11.2018 admin

Banda Aceh- Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala memperingati hari jadi ke-54 yang jatuh pada tanggal 16 November 2018. Peringatan Ulang tahun ini diisi dengan rangkaian kegiatan yang berlangsung sejak tanggal 15-18 November 2018.

Dekan Fakultas Pertanian Prof. Dr. Samadi mengatakan Fakultas ini telah melangkah jauh dalam berkontribusi bagi pembangunan di Aceh dan Indonesia secara umum. Sejak ditandatangani piagam Darussalam oleh Menteri PTIP (Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan) tanggal 16 November 1964, maka Fakultas ini telah resmi mempersembahkan Tri Dharma nya yang diwujudkan melalui karya dan lulusan yang hingga saat ini telah menyebar keseluruh indonesia. Lebih lanjut Samadi menjelaskan, tahun ini kita mengambil tema Optimalisasi Produksi dan Kualitas Komoditas Pertanian Berbasis Sumber Daya dan Kearifan Lokal dalam Era Revolusi Industri 4.0. tema ini tentu saja mengandung semangat dan sarat makna, saat ini kita berada di era revolusi industri keempat, banyak lompatan-lompatan besar di sektor industri termasuk juga pertanian, pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi telah dilakukan sepenuhnya diseluruh rantai industri, sehingga melahirkan model beru berbasis digital untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas produk. Disisi lain, kita juga tidak boleh mengabaikan sumber daya dan kearifan lokal kita yang beragam, jangan sampai ini tenggelam oleh zaman, sehingga kita harus menyelaraskannya dengan perkembangan dan kemajuan teknologi. Untuk itu melalui momentum ulang tahun ini Fakultas Pertanian Unsyiah akan menjawab harapan dan tantangan di era revolusi industri keempat, demikian tegas Samadi.

Sementara itu Ketua Panitia HUT FP ke-54 Dr. Muhammad Sayuthi mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan berbagai rangkaian kegiatan diantaranya; pertandingan olah raga antar mahasiwa yang mempertandingkan berbagai cabang oleh raga, Expo produk dan teknologi pertanian, perlombaan pengolahan pangan lokal berbasis Jagung, Singkong dan Janeng yang bekerja sama dengan Dinas Pangan Aceh dengan Total Hadiah 30 juta rupiah. Selanjutnya Acara Puncak diselenggarakan pada Hari Minggu 18 November 2018, dengan serangkaian kegiatan keluarga besar Fakultas Pertanian yang dimulai dengan senam jantung sehat, dan dilanjutkan dengan acara Seremonial yang dihadiri oleh Rektor, Para Wakil Rektor, Para Dekan lingkungan Unsyiah, serta seluruh Akademika Unsyiah, Alumni, Pensiunan FP dan juga dari Dinas Pertanian dan Dinas Pangan Aceh. 

Dalam acara puncak diumumkan pemenang setiap perlombaan. Pada perlombaan makanan berbahan baku lokal sebagai pemenang berdasarkan katagori adalah sebagai berikut ; Pengolahan Pangan Jagung Juara I  Dharma Wanita Fakultas Keperawatan Unsyiah, Juara II Dharma Wanita MIPA  Unsyiah dan Juara III Dharma Wanita Ekonomi, untuk pengolahan pangan Singkong Juara I Tim Wirausaha Muda Fakultas pertanian Unsyiah, Juara II Tendik D3 Agribisnis Fakultas pertanian Unsyiah dan Juara III Tim Dosen Prodi Agroteknologi Faperta Unsyiah. Sementara Pengolahan Pangan Lokal Janeng juara I BEM FKIP Unsyiah, Juara II Himpunan Mahasiswa Teknik Pertanian Faperta Unsyiah dan Juara III BEM Fakuktas Pertanian Unsyiah. Selanjutnya ketua BEM FP Muhammad Nizam Auza melaporkan bahwa dari kegaitan Olah Raga mahasiswa FP sebagai juara umum adalah dari Jurusan Agroteknologi dan untuk Expo sebagai juara umum adalah stand Proteksi Tanaman. 
Kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung kelancaran dan kesuksesan HUT Fakultas Pertanian ke-54 ini, demikian tegas Sayuthi.