FKG Unsyiah Gelar Aksi Kemanusiaan di Aceh Barat

30.09.2018 Humas

Humas Unsyiah - Fakultas Kedokteran Gigi Unsyiah menggelar Aksi Kaninus di Aceh Barat, 28-29 September 2018. Aksi kemanusiaan ini merupakan agenda tahunan yang telah berlangsung selama delapan tahun. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu masyarakat dalam meningkatkan kualitas kesehatan gigi dan mulut.

Muhammad Roni, ketua panitia, mengatakan kegiatan ini akan berlangsung di Kecamatan Meureubo, Aceh Barat. Ia mengajak seluruh masyarakat untuk berbondong-bondong ke tempat kegiatan sebab Aksi Kaninus ini diselenggarakan secara gratis.

Roni menyebutkan ada beberapa aksi kesehatan yang akan diselenggarakan, seperti sikat gigi massal murid SD, pengobatan gigi dan mulut, home visit, donor darah, cek gula darah dan kolesterol, penyuluhan kesehatan gigi dan mulut, pelatihan pertolongan pertama saat kebakaran, pemberian makanan tambahan, bazar murah, hingga pameran kuliner. Selain itu, juga dimeriahkan dengan perlombaan sebagai bentuk silaturahmi dengan masyarakat sekitar.

“Pengobatan akan diberikan secara gratis dan akan ditangani langsung oleh dokter spesialis gigi, dokter gigi umum, serta dokter gigi muda yang didatangkan dari Banda Aceh,” ujar Roni.

Ia berharap kegiatan ini menjadi momentum bagi masyarakat Aceh Barat dalam meningkatkan serta menjaga kualitas kesehatan gigi dan mulut.

“Kegiatan ini juga menjadi tempat pembelajaran bagi mahasiswa dalam membangun karakter yang bertanggung jawab serta tenggang rasa saat menjadi dokter gigi kelak,” pungkasnya. (fer)