FMIPA Unsyiah Umumkan Hasil Seleksi Bebas Tes

30.07.2017 Humas

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) mengumumkan nama-nama mahasiswa baru program diploma tiga (D-III) yang diterima tanpa tes di fakultas tersebut hari ini (Senin, 31/7). Sebanyak 75 orang lulusan SMA/MA/SMK diterima ke program D-III FMIPA Unsyiah tanpa tes. Sebanyak 62 orang di antaranya diterima di Program Studi (Prodi) D-III Manajemen Informatika (D-III MI), sementara sisanya sebanyak 13 orang diterima tanpa tes di Program Studi Teknik Elektronika (D-III TE). Sebagian besar dari calon mahasiswa baru tersebut berasal dari SMA, sisanya dari SMK sebanyak 15 orang, dan dari MAN 16 orang. Pengumuman kelulusan mereka dipublikasi sejak hari ini di laman www.fmipa.unsyiah.ac.id.

Jalur masuk bebas test ke Prodi D-III FMIPA ini disebut jalur afirmasi. Jalur ini merupakan jalur undangan, mirip dengan jalur Seleksi Nasonal Masuk Pergurua Tinggi Negeri (SNMPTN) pada Prodi S1. Sistem penilaian jalur yang sudah dimulai sejak tahun lalu ini, juga didasarkan pada nilai rapor sekolah serta bukti-bukti prestasi lainnya. Mereka yang lulus melalui jalur ini akan dibebaskan dari dana Sumbangan Pembangunan Institusi (SPI).

Selain penerimaan mahasiswa baru melalui jalur afirmasi, Prodi D-III FMIPA juga menerima mahasiswa baru melalui jalur tulis biasa. Pendaftaran jalur tulis biasa dapat dilakukan secara online melalui laman www.pendaftarand3.unsyiah.ac.id paling telat 2 Agustus 2017. Sementara ujian tulisnya akan berlangsung pada 5 Agustus 2017 di kampus Unsyiah.

Prodi D-III MI dan D-III TE merupakan dua program diploma di bawah FMIPA, yang diproyeksikan dapat diselesaikan dalam waktu tiga tahun saja. Lulusan program ini akan mendapatkan gelar Ahli Madya (AMd.), dan dapat bekerja pada level teknis di berbagai industri dan perkantoran. Bidang minat yang ditawarkan Prodi D-III MI adalah Jaringan Komputer, Programming Web, serta Multimedia. Sementara itu, Prodi D-III TE menawarkan bidang minat teknikal servis pesawat elektronika, laboran, entrepreneur, komunikasi data dan jaringan komputer, serta automasi elektronika. Lulusan kedua program diploma FMIPA ini hingga sekarang telah bekerja di berbagai tempat, di antaranya PLN, Kemenkumham, Taspen, Stasiun Televisi, Bandara, Kejaksaan, Perbankan, dan juga di Unsyiah. Dekan FMIPA, Dr. Teuku M. Iqbalsyah mengakui bahwa serapan dunia kerja terhadap lulusan diploma FMIPA relatif cukup baik hingga saat ini.

“Kemungkinan karena mereka memang disiapkan untuk langsung bisa bekerja setelah menyelesaikan studinya. Karena bagaimanapun, program diploma ini relatif lebih singkat, aplikatif dan sangat dibutuhkan oleh dunia kerja,” sambung Iqbalsyah.

 Prodi D-III MI memiliki nilai akreditasi B dari BAN-PT, sementara D-III TE meskipun saat ini masih berakreditasi C, namun hasil akreditasi terbarunya akan segera keluar. Berdasarkan hasil berita acara saat penilaian, Dekan FMIPA dan Ketua Prodi D-III TE, Dr. Syukri Surbakti sangat optimis bahwa D-III TE akan segera memperoleh nilai akreditasi baru yang lebih baik. (i’m)