Guangxi Academic of Sciences dan Unsyiah Teken Kerja Sama

06.07.2018 Humas

Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) bersama Guangxi Academy of Sciences Cina melakukan penandatanganan kerja sama di Balai Senat Unsyiah, Darussalam, Banda Aceh, Jumat pagi (6/7). Kerja sama ini meliputi bidang pertukaran mahasiswa, dosen dan staf administrasi, penelitian di bidang kelautan dan perikanan, serta pertukaran informasi publikasi dan materi akademis.

Wakil Rektor Unsyiah Bidang Perencanaan, Kerja Sama, dan Humas, Dr. Hizir, mengatakan kedua pihak sepakat bekerja sama untuk mendapatkan manfaat dalam membangun dunia pendidikan.

“Kita sepakat mengundang satu sama lain untuk berpartisipasi dalam diskusi ilmiah, kunjungan, dan konferensi guna membantu pengembangan institusi,” kata Hizir.

Pihaknya menyebutkan, penandatangan ini merupakan kali pertama dilakukan dan berharap ini menjadi pintu masuk untuk menjalin kerja sama dengan universitas lainnya di Cina. Terlebih lagi, sejarah telah menunjukkan jika Aceh telah menjalin hubungan dengan Cina yang dibuktikan dengan adanya situs sejarah Lonceng Cakra Donya.

Sementara itu, Vice President Guangxi Academy of Sciences, Prof. Dr. Yu Biao Lyu, mengatakan sangat senang mengunjungi Unsyiah dan merasa kagum kemegahan kampus ini. Terlebih lagi, kampus Unsyiah memiliki sejarah yang membanggakan.

“Lawatan ini merupakan napak tilas leluhur kami di Aceh. Sejarah persahabatan Cina dan Indonesia sangat terasa. Salah satunya kedatangan Laksamana Cheng Ho di Aceh dan di wilayah nusantara lainnya,” ujarnya.

Hadir dalam kegiatan ini Dekan Fakultas Kelautan dan Perikanan Unsyiah, Kepala Biro Akademik, Kepala UPT Kantor Urusan Internasional (KUI), Rektor Universitas Teuku Umar, dan perwakilan FMIPA Unsyiah. (mr)