HTL Unsyiah Launching Aplikasi Sidiar Hutala

29.11.2018 Humas

Bagian Umum, Hukum dan Tata Laksana Universitas Syiah Kuala melaunching aplikasi Sistem Digitalisasi Arsip Hukum dan Tata Laksana (Sidiar Hutala) untuk memudahkan pengaksesan arsip peraturan dan keputusan rektor Unsyiah. Kegiatan yang diprakarsai oleh Ferizal, S.E., Kepala Sub Bagian Hukum Tata Laksana ini diselenggarakan pada Rabu (28/11) di Balai Senat Unsyiah, Darussalam.

Ferizal mengatakan, meski masih dalam proses penyempurnaan, aplikasi ini sudah dapat diakses oleh semua unit kerja dalam lingkungan Universitas Syiah Kuala atau stakeholder. Ia mengungkapkan, Sidiar Hutala tidak hanya diperuntukkan untuk internal Unsyiah saja, namun untuk tahapan jangka panjang selanjutnya bisa diakses oleh publik.

“Saya yakin, aplikasi ini tidak hanya memudahkan pihak Unsyiah, tapi juga stakeholder yang membutuhkan informasi dalam upaya mendukung Reformasi Birokrasi dan pemerintahan yang baik (good government)”, kata Feri.

Husni Friadi, Kepala Bagian Humas Unsyiah menyambut baik gagasan pembuatan aplikasi ini. Menurut Husni, aplikasi seperti ini memang sudah selayaknya dimiliki oleh setiap bagian di perguruan tinggi, tujuannya untuk memenuhi keterbukaan informasi publik.

Feri mengaku ia dan seluruh staf HTL akan memaksimalkan penggunaan aplikasi ini, selain untuk memudahkan pencarian arsip peraturan dan keputusan, juga sebagai upaya mengurangi jumlah kertas yang beredar. Acara ini dihadiri oleh para Kepala Biro, Kabag dan Kasubbag di lingkungan biro Unsyiah.