Jurnal AIJST PPs Unsyiah Kembali Mempertahankan Peringkat Kedua Rangking Jurnal Berputasi

02.11.2018 admin

Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala (PPS Unsyiah) kembali berhasil mempertahankan peringkat kedua dalam Peringkat Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode II dari Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Melalui jurnal internasionalnya PPs Unsyiah yaitu Aceh International Journal of Science and Technology (AIJST) berhasil mempertahankan peringkat kedua posisi pertama dari 355 penerbit jurnal berputasi lainnya. Hal itu sesuai dengan keluarnya hasil Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode II Tahun 2018 dan telah diterbitkannya Surat Keputusan Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor: 30/E/KPT/2018 yang ditetapkan pada 24 Oktober 2018.

Direktur Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala Prof. Dr. Ir. Darusman, M. Sc, selaku pengelola Jurnal menyampaikan bahwa dari kurang lebih 60 jurnal yang terdapat di Universitas Syiah Kuala tidak sampai tujuh persen jurnal tersebut yang terakreditasi SINTA. “Alhamdulillah Syukur kepada Allah saat ini Aceh Jurnal International Science and Technology kembali terakreditasi SINTA peringkat kedua posisi pertama dari keseluruhan enam peringkat,” kata beliau.

Dikti sendiri telah memiliki enam peringkat dalam akreditasi jurnal, mulai dari SINTA 1 hingga dengan SINTA 6. Pada peringkat SINTA 1 merupakan jurnal yang sudah terindeks scopus, kemudian SINTA 2 sampai 6 adalah jurnal yang terus meningkatkan kualitasnya.

Prof. Dr. Ir. Darusman, M. Sc, mengungkapkan suatu kebanggaan bagi PPs Unsyiah atas pencapaiannya meraih jurnal terakreditasi SINTA. Diantara Jurnal Universitas Syiah Kuala yang telah terakreditasi dalam Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode II Tahun 2018 yakni Jurnal Kedokteran Hewan, Jurnal Rekayasa Elektrika dan Jurnal Rekayasa Kimia dan Lingkungan (Journal of chemical engineering and environment).

Ir. Sugianto, M.Sc, Ph.D, selaku Editor-In-Chief menyampaikan, salah satu keunggulan Aceh Jurnal International Science and Technology (AIJST) yaitu telah menggunakan Open Journal System (OJS) yakni jurnal yang berbasis online. Indikator penilaian jurnal sendiri yakni dari pengelolaan sistem yang baik, tepat waktu dalam merilis artikel. Selain itu pada setiap pengelolaan jurnal juga rutin dipantau oleh Dikti.“Terakreditasinya Aceh Jurnal International Science and Technology (AIJST) ini sendiri dapat terwujud berkat dukungan dari berbagai pihak baik PPS Unsyiah, Para Editor, dan para Reviewer, terimakasih untuk semuanya." Ujarnya.

Syukur Alhamdulillah pada periode Oktober - November PPs Berturut turut menunjukkan prestasinya, diantaranya yaitu dengan berhasilnya PPs Unsyiah meraih Sertifikat ISO 9001 – 2015, berhasil terakreditasinya jurnal internasional PPs Unsyiah oleh Kemenristek Dikti, dan terbukanya Program Studi baru yaitu Magister Eco-Technopren yang dijadwalkan akhir tahun ini akan menerima mahasiswa baru.

Unduh Surat Keputusan Kemenristek DIKTI : Unduh