Kolaborasi Tiga Fakultas Kesehatan Unsyiah Semarakan MTQMK

17.09.2018 Humas

Tiga Fakultas Kesehatan Universitas Syiah Kuala yaitu Fakultas Keperawatan, Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi berkolaborasi dalam menyelenggarakan kegiatan MTQMK (Musabaqah Tillawatil Qur’an Mahasiswa Kesehatan) yang dimulai sejak 15 – 16 September 2018 di Fakultas Keperawatan Unsyiah. (Darussalam, 15/9)

Kegiatan yang mengusung tema “Mewujudkan Revolusi Moral Mahasiswa Kesehatan Untuk Mencetak Generasi Islami Berakhlak Qur’ani” ini ditujukan kepada para mahasiswa kesehatan Unsyiah.

MTQMK ini memperlombakan beberapa cabang lomba seperti Fahmil Qur’an, Syarhil Qur’an, Tillawatil Qur’an, Tartil Qur’an, Hifzhil Qur’an 5, 10, dan 20 juz. Serta menampilkan persembahan Nasyid Mau’izah dari UIN Ar-Raniry.

Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan perlombaan dalam MTQMK ini secara keseluruhan ada 86 peserta. 32 peserta dari FK, 42 dari FKEP, 12 dari  FKG. Sedangkan jumlah tamu yang berhadir pada hari pertama ini berjumlah 70 orang lebih termasuk dari Mahasiswa, Dosen, serta beberapa orang staff.

Adapun latar belakang di selenggarakannya kegiatan ini yaitu atas dasar inisiatif dari pihak LDF untuk menghimpun mahasiswa kesehatan dalam meningkatkan kaderisasi dari berbagai fakultas yang ada dalam rumpun kesehatan. Dan ini merupakan kegiatan MTQMK yang perdana yang di adakan oleh mahasiswa kesehatan Unsyiah.

Kegiatan MTQMK ini dibuka oleh Dekan Fakultas Kedokteran Unsyiah yakni Prof. Dr.dr. Maimun Syukri Sp.PD KGH FINASIM beserta dekan Fakultas Keperawatan Unsyiah yakni Dr. Hajjul Kamil, S.Kp, M.Kep.

Dr.dr. Maimun Syukri Sp.PD KGH FINASIM dalam sambutannya mengatakan, bahwa dirinya sangat mengapresiasi kinerja panitia dan pengurus LDF. Menurutnya, kegiatan ini harus terus berlanjut dan diharapkan kepada LDF khususnya LDF Asy-syifa agar membuat Camping Quran dihari libur agar kegiatan mahasiswa lebih bermanfaat.

Sementara itu, Dr. Hajjul Kamil, S.Kp, M.Kep.  mengatakan bahwa sangat penting adanya IPE (Inter Personal Education) dan ia tidak menyangka bahwa mahasiswa keperawatan, kedokteran dan kedokteran gigi bisa berinisiatif untuk membuat acara kolaborasi antara mahasiswa kesehatan seperti MTQ ini.

Ketua penyelenggara Muammar mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menghimpun mahasiswa dalam rumpun kesehatan dan sebagai silaturahmi antar lembaga dakwah fakultas Asy-Syifaa, Ash-Sihah, Dan Simetris”.

“Semoga acara MTQMK ini menjadi suatu hal yang sangat besar di bidang keagamaan mahasiswa kesehatan Unsyiah, dan kami sangat berharap semoga kedepannnya acara ini bisa menjadi regenerasi yang terus berkelanjutan,” ujar Mahasiswa Kedokteran 2016 ini.

Ia pun berencana, nantinya kegiatan seperti ini bisa  menghimpun mahasiswa kesehatan lainnya di ruang lingkup Unsyiah seperti Farmasi, FKH, dan lain-lain.