Kontingen Peksiminas Aceh Dilepas di Unsyiah

13.10.2018 Humas

[Humas Unsyiah] -- Wakil Rektor Unsyiah Bidang Umum dan Keuangan, Dr. Ir. Agussabti, M.Si., melepas 70 peserta dan official kontingen Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) Aceh di Balai Senat Unsyiah, Jumat (12/10). Pelepasan kontingen ini turut dihadiri kontingen dari Unsyiah dan ISBI Aceh. Sementara itu, kontingen dari Universitas Samudera, Universitas Almuslim, dan Universitas Malikussaleh berhalangan hadir.

Agussabti berpesan agar kontingen Aceh harus dapat membawa nama baik Aceh sesuai norma yang berlaku dan menjaga tradisi selama pertandingan berlangsung. Agus turut menyemangati kontingen agar mampu meraih keberhasilan dengan penuh ketenangan. Selain itu, peserta diharapkan dapat meraih medali emas.

“Ketenangan itu kita dapati karena siap. Jika sudah siap karena latihan, tentu bisa tampil optimal,” harap Agus.

Ketua rombongan kontingen Peksminas Provinsi Aceh, Drs. M. Nasir Ibrahim, menyebutkan kontingen Aceh akan mengikuti 15 tangkai lomba. Di antaranya, lomba tari, lagu pop putra, lagu pop putri, lagu dangdut putra, lagu dangdut putri, baca puisi putra, baca puisi putri,  lukis, fotografi warna, fotografi hitam putih, desain poster, komik strip, penulisan puisi, penulisan cerpen, penulisan lakon, seriosa, keroncong, dan vokal grup.

“Kemristekdikti saat ini sedang giat-giatnya memacu prestasi mahasiswa. Baik di bidang seni, debat bahasa, olahraga, MTQ dan bidang lainnya yang selaras,” jelas Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni Unsyiah ini.

Kontingen Aceh yang terhimpun dalam Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) Provinsi Aceh akan diberangkatkan pada Senin (15/10). Peksminas Ke XIV tahun ini akan diselenggarakan di Yogyakarta 15-21 Oktober 2018 yang diikuti perguruan tinggi dari 33 provinsi.

Untuk Aceh, peserta merupakan perwakilan provinsi yang telah lulus seleksi daerah di Pekan Seni Mahasiswa Daerah (Peksimida) yang berlangsung di Unsyiah beberapa waktu lalu. Di Peksimida tahun ini, Unsyiah berhasil menjadi juara umum. (mr)