Kuliah Tamu Metodologi Penelitian, FMIPA Unsyiah Hadirkan Dua Profesor PSU Pattani Thailand

23.10.2017 admin

Kuliah Tamu Metodologi Penelitian, FMIPA Unsyiah Hadirkan Dua Profesor PSU Pattani Thailand Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) menyelenggarakan kuliah tamu mengenai Metodologi Penelitian dengan menghadirkan Dosen Tamu Profesor Sarawuth Chesoh dan Profesor Apiradee Lim dari Faculty of Science and Technology (FST), Prince of Songkla University (PSU), Pattani, Thailand pada Senin (23/10). Keduanya menyampaikan materi kuliah dengan tajuk Research Methodology in Practises with Application to Health Science and Environmental Big Data.

Bertempat di Aula FMIPA, kuliah tamu yang dimoderatori oleh Munawar, M.AppStats. ini dihadiri oleh sekitar 100 mahasiswa dan dosen dari berbagai program studi baik Unsyiah maupun luar Unsyiah. 
Peserta yang mendaftar melebihi kuota yang tersedia. Ketua Panitia Dr. Zurnila Marli Kesuma merincikan bahwa peserta berasal dari FMIPA, Fakultas Keperawatan, Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian, UIN Ar-Raniry, Poltekkes Aceh, dan BPS Provinsi Aceh. Menurutnya, acara ini membuka peluang beasiswa program master dan doktoral bagi mahasiswa dan dosen. Selain mengisi kuliah tamu, kedua profesor itu juga mengisi acara workshop pada hari kedua (24/10). “Untuk acara workshop, mengambil tema tentang implementasi program R dengan peserta yang dibatasi sebanyak 30 orang saja,” terang doktor Statistika lulusan PSU ini.

Sementara itu, Dekan FMIPA Dr. Teuku M. Iqbalsyah mengatakan antara Unsyiah dan PSU sudah ada MoU sejak 3 tahun lalu yaitu tahun 2014 dan MoA antara FMIPA Unsyiah dan FST PSU sejak tahun 2016. “Semoga acara ini dapat memperkuat  kolaborasi riset antardua kampus,” harap Dekan yang langsung menyambut kedua tamu di ruang kerjanya. Kuliah tamu dan workshop ini didukung oleh Program Studi Statistika Unsyiah.

Read in English here