LAPAN Sosialisasikan Teknologi Satelit di Unsyiah

21.12.2017 Humas

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) melakukan sosialisasi teknologi satelit di Universitas Syiah Kuala.  Hadir sebagai narasumber Kepala Pusat Teknologi Satelit LAPAN Mujtahid MT dan Kepala Bidang Program dan Fasilitas LAPAN  Abdul Karim, yang menjelaskan perkembangan teknologi satelit di Indonesia. (Kamis, 21/12).

Rektor Unsyiah Prof.Dr.Ir. Samsul Rizal M.Eng mengatakan, teknologi informasi sekarang sudah jauh berubah jika dibandingkan dengan kondisi pada tahun 90-an atau 2000-an. Hal ini juga sangat terkait dengan perkembangan teknologi satelit.

Oleh sebab itu, Unsyiah sebagai universitas yang berbasis riset tentu sangat membuka diri jika ada pihak-pihak yang mau menjalin kerja sama untuk perkembangan teknologi informasi, seperti yang telah dikerjakan oleh LAPAN selama ini.

“Kita bersedia jika memang diperlukan MoU. Unsyiah punya SDM yang bermutu untuk mendukung penelitian teknologi satelit ini,” kata Rektor.

Mujtahid MT menjelaskan, teknologi satelit tidak hanya bermanfaat untuk teknologi informasi, ada banyak sekali potensi yang bisa dikembangan dari teknologi ini. Seperti yang telah dilakukan oleh Institut Pertanian Bogor (IPB), di mana teknologi satelit digunakan untuk melihat usia pertanian.

Untuk itulah LAPAN melakukan sosialisasi ke beberapa perguruan tinggi Indonesia, untuk membuka peluang-peluang kerja sama yang ada.

“Setidaknya ada 4 hal kerja sama yang bisa dilakukan antara LAPAN dan Universitas yaitu pengembangan teknologi satelit, teknologi stasiun bumi, pemanfaatan data satelit, dan peningkatan kapasitas SDM,” jelas Mujtahid.

Abdul Karim mengungkapkan, saat ini LAPAN telah mengorbitkan tiga satelit yaitu LAPAN-A1 pada 10 Januari 1997, LAPAN-A2 pada 28 September 2015 dan LAPAN-A3 pada 22 Juni 2016. Dan saat ini, lanjutnya, LAPAN sedang mengembangkan satelitnya yang ke empat yaitu LAPAN-A4.

“Ketiga satelit yang telah kita luncurkan ini adalah asli produk anak Indonesia dan ketiganya punya misi utama yaitu earth observation, ship monitoring, amateur communication,” ungkapnya.

Hadir dalam sosialiasi ini Wakil Rektor IV Unsyiah Dr. Nazamuddin MA. Kepala Biro Akademik Unsyiah Ir. Uzair M.P. Ketua Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu Prof.Dr.Ir. Marwan. Kepala UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dr. Taufik Fuadi Abidin, S. Si., M.Tech serta beberapa Dekan Unsyiah.