Lima Kandidat Bertarung di Pemira Unsyiah

19.12.2017 Humas

Lima kandidat bertarung dalam Pemilihan Raya Universitas Syiah Kuala (Pemira Unsyiah) yang dikhususkan untuk memilih Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan anggota Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Unsyiah tahun 2018, Darussalam, Banda Aceh, Selasa (19/12).

Pemira Unsyiah tahun ini diikuti lima calon Ketua BEM, yaitu M. Rijalul Fakhri (Fakultas Keperawatan), Sakti Arya Duta (Fakultas Kelautan dan Perikanan), Muhammad Yasir (Fakultas Teknik), Agam Rizky (Fakultas Pertanian), dan Ikhsan (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan). Sementara untuk DPM, tercatat 55 calon bersaing untuk merebutkan 33 kursi anggota DPM.

Menurut Rizky Kurniawan, Ketua Pemilihan Raya (KPR) Unsyiah, lima kandidat Ketua BEM telah mengikuti serangkaian tes dari verifikasi berkas, wawancara, hingga tes baca Alquran. Ia menambahkan, untuk tahun ini, sebanyak 22.404 mahasiswa tercatat sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT). Mereka merupakan mahasiswa aktif dari 12 fakultas baik jenjang sarjana maupun diploma. Tercatat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Fakultas Teknik memiliki jumlah DPT terbanyak.

“Kita mendirikan lebih banyak Tempat Pemungutan Suara (TPS) di dua fakultas tersebut dari 24 TPS yang kita bangun,” ujar Rizky.

Pemungutan suara berlangsung sejak pukul 08.30 WIB hingga pukul 14.30 WIB. Penghitungan suara dilakukan di hari yang sama sejak pukul 15.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB. Dijadwalkan, hasil penghitungan suara akan diumumkan dalam Rapat Pleno pada 21 Desember 2017 mendatang.

Rizky berharap Pemira tahun ini dapat membawa perubahan nyata bagi Unsyiah. Sehingga menghadirkan suasana demokrasi yang harmonis di lingkungan kampus.

“Memilih itu sesuai dengan hati nurani. Siapapun calon yang terpilih adalah kehendak kita bersama yang memiliki komitmen tinggi untuk perubahan Unsyiah,” pungkas Rizky.