Lima Mahasiswa Unsyiah Jadi Penyelam Muda

19.01.2017 Humas

Lima mahasiswa Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Syiah Kuala (FKP Unsyiah) resmi dinobatkan sebagai penyelam muda. Kelima mahasiswa tersebut lulus sertifikasi dari Ocean Diving Club (ODC) Unsyiah usai mengikuti tes di Kota Sabang pada 7-11 Januari 2017, Kamis (19/1).

Lima mahasiswa Unsyiah yang lulus sertifikasi pada tahap pendidikan dan pelatihan itu, yakni Zainuddin dan Halimah Adi Ningsih (mahasiswa Budidaya Perairan), Maya Atika Suridan Safruddin (mahasiswa Ilmu Kelautan), serta Dedi Andrian (mahasiswa Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan).

Ketua Panitia Sertifikasi Angkatan IX, Ahmad Syakuri mengatakan, sertifikasi selam ODC dilaksanakan di Kota Sabang selama lima hari. Kegiatan sertifikasi ini merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan oleh ODC Unsyiah untuk bakal calon anggota ODC Unsyiah yang baru.

“Sertifikasi ini langsung diuji oleh instruktur selam Association of Diving School (ADS) International,” katanya.

Disebutkan, para calon penyelam muda itu diuji mengenai kemampuan menyelam dan materi yang telah dipelajari, seperti Pengetahuan Akademis Penyelaman (PAP), Latihan Keterampilan Kolam (LKK), dan Latihan Perairan Terbuka (LPT).

“Setelah melalui tahap-tahap tersebut, peserta sertifikasi ODC angkatan ke-9 diuji kembali untuk mendapatkan sertifikat sebagai Diver A2 (Open-Water Diver) oleh ADS International,” pungkasnya.

Kegiatan tersebut terselenggara atas keja sama BKSDA, Rubiah Tirta Divers, FFI Marine Program Aceh, ASDP Ferry Aceh, DKP Sabang, Serambi Indonesia, Warta Unsyiah, Detak Unsyiah, dan Warta Aceh.