Mahasiswa Baru Antusias Ikut Pakarmaru

28.08.2017 Humas

Ribuan mahasiswa baru Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) antusias mengikuti Pembinaan Akademik dan Karakter Mahasiswa Baru (Pakarmaru) yang dipusatkan di Gedung AAC Dayan Dawood, 28-30 Agustus 2017. Pakarmaru kali ini merupakan gelombang kedua setelah sebelumnya digelar pada 14-17 Agustus 2017 di lokasi yang sama. Kegiatan ini diikuti ribuan mahasiswa baru dari 12 fakultas untuk menggantikan ospek.

Ada beberapa materi yang disampaikan pada Pakarmaru kali ini, seperti Empat Konsensus Dasar Kebangsaan oleh Kepala Kesbangpolinmas Aceh, Kerukunan Umat Beragama oleh Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama Provinsi Aceh, Bahaya dan Tindak Pidana Narkotika oleh Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi Aceh, Pengetahuan Hukum Lalulintas oleh Dirlantas Polda Aceh, serta Layanan Mahasiswa dan Etika di Perguruan Tinggi yang disampaikan oleh Wakil Rektor Unsyiah dan Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni Unsyiah.

Rektor Unsyiah, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng, mengatakan Pakarmaru merupakan kegiatan untuk mempersiapkan karakter mahasiswa agar siap memasuki dunia perkuliahan. Ia menekankan tidak akan ada lagi ospek atau peloncoan bagi mahasiswa baru dari mahasiswa lama.

“Tidak ada lagi proses perpeloncan di sini. Tidak ada lagi kegiatan ospek dari mahasiswa ke mahasiswa. Jika terjadi akan ada sanksi bagi mahasiswanya,” ujar Rektor saat membuka acara Pakarmaru, Senin (14/8). []