Mahasiswa Keperawatan dan Kedokteran Unsyiah Gelar Pelatihan First Aid

24.05.2018 Humas

Mahasiswa Fakultas Keperawatan dan Kedokteran Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) melaksanakan Program Kreativitas Mahasiswa bidang pengabdian masyarakat (PKM-M), berupa pembentukan kader dengan melakukan pelatihan dan pembinaan first aid (pertolongan pertama) pada kecelakaan. Kegiatan ini dilaksanakan sejak tanggal 22 April 2018 hingga akhir Juni di Dayah Markas Al-Islah Al-Aziziyah Banda Aceh. (Kamis, 24/5).

Pelatihan ini diketuai oleh Jeni Elvania (Keperawatan), dan empat anggota lainnya yaitu Ahsana Nadya (Keperawatan), Imam maulana (Kedokteran), Yasarah (Kedokteran), dan Zulfia Risda (Keperawatan).

Jeni mengatakan, pelatihan dan pembinaan ini diharapkan bisa meningkatkan kesadaran para santri akan pentingnya pengetahuan dan keterampilan first aid untuk setiap orang.

" Apalagi Dayah ini tidak memiliki sarana dan prasarana kesehatan serta tim tenaga kesehatan,” ujar Jeni.

Hal senada juga diakui salah satu pengurus dayah Tgk. Luqman Hakim, bahwasanya di Dayah tersebut pernah terjadi beberapa kasus kecelakaan kecil seperti pingsan, mimisan, cedera fisik, dan lain sebagainya, akan tetapi tidak ada penanganan awal tapi langsung dibawa ke Puskesmas terdekat.

Jeni menjelaskan, terselenggaranya kegiatan di Dayah tersebut melewati berbagai proses yang resmi. Pertama, Bonding (ramah-tamah) oleh Tim PKM Fakultas Keperawatan dan Kedokteran Unsyiah.

Kedua, Assesment (pengkajian) guna untuk memilih 20 orang dari 200 santri untuk menjadi Kader. Ketiga, melakukan pelatihan dan pembinaan first aid sesuai dengan yang sudah direncanakan. Kegiatan ini diselenggarakan dan didanai langsung oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (DIKTI) .

“Adapun outpun lain yg kita harapkan dari terlaksananya kegiatan ini,  mahasiswa bisa mengimplementasikan apa yang sudah mereka ketahui tentang kesehatan, terutama first aid,” pungkas Jeni.

Ns. Noraliyatun Jannah, M.Kep, selaku Pembimbing PKM Fakultas Keperawatan dan Kedokteran Unsyiah, mengatakan  kegiatan ini juga merupakan bentuk pengabdian Unsyiah kepadamasyarakat dalam memberikan alternatif solusi terhadap masalah yang dirasakan oleh masyarakat.