Mahasiswa Sidney Kunjungi Unsyiah

12.12.2018 Humas

Sebanyak 10 mahasiswa dari New Colombo Plan Student Mobility Program 2018 melakukan perjalanan studi ke Universitas Syiah Kuala pada 5-10 Desember 2018. Kegiatan ini bertujuan untuk mengekspos masalah kemanusiaan dan pembangunan di Indonesia.

Sekretaris PPISB Unsyiah, Dr. Saiful Mahdi S.Si, M.Sc, mengatakan program ini merupakan hasil kerja sama antara Bachelor of Humanitarian and Development Studies Western Sydney University dengan Pusat Penelitian Ilmu Sosial dan Budaya (PPISB) Unsyiah bersama ICAIOS. Ini merupakan tahun kedua penyelenggaraanya. Di kegiatan ini, para mahasiswa diajak untuk melihat Aceh lebih dekat dari berbagai isu.

“Kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan tentang berbagi isu, seperti bencana gempa, tsunami, konflik, sosial budaya, hingga kehidupan beragama,” ujarnya.

Dr. Saiful menambahkan, para mahasiswa difasilitas oleh akademisi professional, seperti Prof. Yusny Saby, Dr. T. Alvisyahrin, Dr. Cut Dewi, Dr. Ari Palawi dan Reza Idria, MA.

Wakil Rektor IV Unsyiah, Dr. Hizir, mengatakan kegiatan ini memberikan apresiasi tinggi terhadap sejarah, budaya, dan masyarakat. Ia berharap kegiatan dapat memberikan pengalaman baru bagi mahasiswa, serta dapat mengubah perspektif yang salah tentang Aceh selama ini.

Dalam kegiatan ini, para mahasiswa diajak untuk melihat proses pembangunan Aceh pascakonflik dan bencana tsunami. Mereka diajak untuk melihat situs-situs sejarah di seputaran Banda Aceh dan Aceh Besar.

Selain itu, para mahasiswa juga mengunjungi Desa Sibreh Keumudee, Aceh Besar, yang merupakan desa binaan PPISB Unsyiah. Di sana, mereka mempelajari tentang budaya masyarakat Aceh, seperti Rumoh Aceh,peusijuek, hingga cara mengelola sawah pertanian. (Humas Unsyiah/fer)