Mahasiswa Tata Busana Unsyiah Gelar Fashion Show Bertema Islami

24.04.2018 Humas

 

Mahasiswa Program Studi Tata Busana, Program studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (Prodi PKK FKIP) Unsyiah menggelar fashion show pada Senin (23/4). Peragaan busana yang mengangkat tema “Inspirasi Busana mancanegara Dalam Perwujudan Busana Islami” ini diselenggarakan di Gedung AAC Dayan Dawood Unsyiah, Banda Aceh.

Fashion show ini merupakan agenda yang ruitn dilaksanakan oleh mahasiswa Tata Busana Unsyiah. Acara ini juga merupakan goal dari mata kuliah Cipta dan Karya yang diambil oleh mahasiswa semester 6 angkatan 2015/2016.

“Pada mata kuliah ini, mahasiswa diharuskan menciptakan sebuah busana, kemudian busana tersebut harus ditampilkan dalam pegelaran seperti fashion show ini” ujar Sheha Sima, ketua panitia fashion show 2018.

Sheha menambahkan, mahasiswa yang menampilkan karyanya kali ini sebanyak 41 mahasiswa. Ke-41 mahasiswa tersebut mengambil inspirasi dari berbagai keunikan yang menonjol di negara-negara seputar asia dan eropa.

Salah satu dosen pembimbing mata kuliah, Dra. Mukhirah, M.Pd mengatakan mata kuliah karya cipta ini mengharapkan mahasiswa untuk mengaplikasikan kemampuan mereka dalam menciptakan busana.

“Selain itu, praktek pada mata kuliah ini juga diharapkan bisa menumbuhkan motivasi mahasiswa untuk nantinya mau berkecimpung dalam industri kreatif, salah satunya industri fashion islami”, ujar Mukhirah.

Mukhirah juga memaparkan, fashion show ini telah melampaui serangkain proses mulai dari mendesain, membuat pola, mepotong kain, menjahit, dan finishing.

Di akhir acara, tiga orang juri yang diundang mengumumkan pemenang dari lomba ini berdasarkan beberapa kriteria penilain, seperti kesesuain tema, padu padan bahan dan warna, serta bagaimana model membawakan busana.

Juara I berhasil diraih oleh Fatimatul Qiram dengan inspirasi busana dari Negara Arab, disusul oleh Siti Maisarah ZA dengan inspirasi busana dari Negara Vietnam. Sementara juara tiga diraih oleh Fitria melalui inspirasi busana dari Negara Maroko.