Mahasiswa Unsyiah Rancang Aplikasi AyoFutsal

12.07.2018 Humas

Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) kembali menciptakan inovasi di bidang teknologi. Inovasi ini berupa aplikasi smartphone bernama ‘AyoFutsal’ yang berfungsi untuk membantu masyarakat, terutama pengusaha lapangan futsal, melakukan penjadwalan booking lapangan.

Aplikasi AyoFutsal merupakan inovasi dari penelitian Tim Program Kreativitas Mahasiswa dengan bidang Penerapan Teknologi (PKM-T) yang terdiri atas lima mahasiswa Teknik Elektro dan Komputer Unsyiah. Mereka adalah Hendrik Leo, Rianto Wibowo, Darmawansyah, Norfan Khalil, dan Rota Fitria Maulid. Pengembangan aplikasi ini dibimbing oleh Rahmad Dawood.

Hendrik Leo, ketua tim, mengatakan ide aplikasi ini muncul saat melihat pengusaha lapangan futsal di Banda Aceh yang masih menerapkan sistem manajemen booking konvensional, seperti menggunakan buku maupun papan tulis. Hal ini menurutnya dapat menyebabkan meningkatnya risiko terjadinya double booking (pencatatan ganda) akibat dari kecerobohan pengusaha atau karyawan.

“Aplikasi AyoFutsal menjadi solusi bagi pengusaha lapangan futsal untuk menggantikan sistem booking konvensional menjadi sistem booking secara online,” ujarnya.

Ia menjelaskan, aplikasi AyoFutsal juga dilengkapi dengan fitur keuangan yang berfungsi untuk memudahkan pengusaha dalam melakukan pembukuan dan pengawasan terhadap keuangan usaha lapangan futsal. Dengan demikian, manajemen booking untuk penjadwalan lapangan futsal dapat menjadi lebih efektif dan efisien bagi para pengusaha.

“Saat ini, aplikasi masih terbatas bagi para owner, namun ke depannya aplikasi akan dikembangkan untuk user sehingga penyewa lapangan juga dapat memantau jadwal booking di setiap lapangan futsal di Banda Aceh,” sambung Hendrik.

Ia berharap dengan hadirnya aplikasi ini, dapat meningkatkan kinerja para pengusaha lapangan futsal di Banda Aceh. (fer)