Mahasiswa Unsyiah Sosialisasi Pertolongan Pertama bagi Santri Dayah

11.07.2018 Humas

Lima mahasiswa Unsyiah yang berasal dari dua fakultas berbeda mengadakan sosialisasi pertolongan pertama (first aider) bagi para santri dayah (SADAR). Kelima mahasiswa tersebut adalah Ahsana Nadya, Jeni Elvania, Zulfia Risdayang berasal dari Fakultas Keperawatan. Sementara Yasarah, Imam Maulana berasal dari Fakultas Kedokteran Unsyiah. Mereka tergabung dalam Tim Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Pengabdian Masyarakat (PKM-M) yang dibimbing oleh Ners Noraliyatun Jannah, M.Kep.

Iman Maulana, salah satu anggota tim mengatakan kegiatan ini berlangsung di Dayah Markaz Al- Ishlah Al-Aziziyah, Kota Banda Aceh. Kegiatan ini telah berlangsung sejak bulan April dan akan berakhir pada bulan Juli ini.

Imam menambahkan kegiatan ini menitikberatkan pada sosialisasi dan pelatihan pertolongan pertama di saat kecelakaan. Para santri juga dilatih keterampilan untuk pertolongan pertama di saat cidera, seperti luka bakar, keseleo, mimisan, pingsan, hingga patah tulang.

“Biasanya setiap kali ada cidera, para santri langsung dibawa ke puskesmas, padahal kejadian tersebut masih dapat ditangani dahulu,” ujar Imam.

Ia menuturkan kegiatan ini bertujuan membentuk satu sistem organisasi layaknya Unit Kesehatan Siswa (UKS). Diharapkan kehadiran sistem ini dapat menumbuhkan pengetahuan dan kesadaran para santri di saat pertolongan pertama. Di akhir kegiatan, para santri juga dilibatkan dalam simulasi pertolongan pertama saat bencana.

“Penting diingat bahwa pengetahuan dalam first aid sangat bermanfaat, baik bagi diri sendiri maupun orang disekitar kita,” pungkas Imam. (fer)