Mahasiswa Unsyiah Terima Beasiswa dari Pegadaian Aceh Syariah

20.12.2018 Humas

Sebanyak 33 orang mahasiswa Universitas Syiah Kuala mendapatkan beasiswa dari Pegadaian Aceh Syariah. Hal ini disampaikan oleh Vice President PT. Pegadaian Persero Kantor Area Banda Aceh Fery Hariawan pada acara seremonial penyerahan beasiswa ini di Balai Senat Unsyiah. (Kamis, 20/12).
 
Wakil Rektor III Unsyiah Dr. Ir. Alfiansyah Yulianur BC, mengatakan bahwa Unsyiah merasa sangat gembira atas bantuan beasiswa tersebut. Karena pada tahun ini ada sekitar 500 lebih pelamar beasiswa di Unsyiah yang belum tertampung. Meskipun ada penambahan kuota dari beberapa beasiswa, seperti dari bidikmisi sebanyak 100 orang, namun jumlah pelamar tersebut masih tergolong besar.  
 
“Kita sangat bersyukur, dan mudah-mudahan tahun depan pegadaian bisa memberikan dengan jumlah ratusan. Karena ada sekitar 300 orang yang butuh beasiswa baru dan kita akan terus mencari dari berbagai macam sumber,” ujar Alfiansyah.
 
Alfiansyah mengungkapkan, pembiayaan seperti ini sangat penting bagi mahasiswa untuk mendukung kegiatan perkuliahan mereka. Apalagi Rektor Unsyiah telah menyampaikan, bahwa Unsyiah tidak ingin ada mahasiswanya yang gagal atau tidak mampu melanjutkan perkuliahan karena terkendala ekonomi.
 
“Oleh karena itu ada banyak skema keringanan dari Unsyiah, yang penting mahasiswa cepat melapor. Melalui  skema ini, kita ingin mahasiswa kembali termotivasi  untuk belajar sunguh-sungguh,” ungkap Alfian.
 
Ferry menjelaskan, bahwa angka 33 orang itu merupakan hasil seleksi dari 63 orang yang mendaftar untuk meraih beasiswa ini. Pihak pegadaian sebenarnya ingin meloloskan semua pelamar tersebut, hanya saja kemampuan perusahaan saat ini hanya mampu menampung sejumlah itu. 
 
“Insya Allah yang penting istiqomah. Semoga tahun depan Pegadaian bisa memberikan dengan volume yang lebih besar lagi. Jika hal itu terwujud. Artinya pihak Rektorat mendoakan kinerja pegadaian semakin kinclong lagi,” ujarnya.
 
Ferry yang terlibat dalam proses seleksi ini mengungkapkan, para mahasiswa ini terpilih karena  mereka memliki semangat untuk maju dan punya passion dalam dunia kewirausahaan. Untuk itulah, pada kegiatan ini Pegadaian juga memberikan materi seputar dunia kewirausahaan.
 
“Karena kami harapakan mahasiswa sejak dini melatih diri berwirausaha walaupun kecil-kecilan. Dan emang kecil-kecilan dulu, kalau langsung besar jiwa wirausahanya tidak tertempa,” ucapnya. 
 
Saat ini pegadaian merupakan satu dari 12 BUMN yang berhasil meraih anugrah dari Kementerian Keuangan dengan kontribusi pajak terbesar. Di mana laba pada tahun ini sebesar Rp 1,8 T dan akhir tahun ini ditargetkan mencapai Rp. 2,3 T. 
 
“Ketika perusahaan bisa memberikan CSR seperti ini, berarti perusahaan tersebut sehat. Gambarannya ada 118 BUMN, namun hanya  22 saja yang laba selebihnya masih tanda tanya. Hanya 20% saja yang laba dan alhamdulillah  pegadaian salah satunya,” pungkasnya.