Menjelang Pengumuman SBMPTN, Pendaftaran UMBPT Sepi

08.07.2014 Humas

Menjelang pengumuman kelulusan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Tahun 2014 yang akan diumumkan pada tanggal 16 Juli 2014 pada pukul 17:00 WIB melalui website http://www.sbmptn.or.id/, jumlah pendaftar jalur Unjian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMB-PT) Tahun 2014 masih relatif sepi.

Jumlah pendaftar yang tercatat sampai hari ini (Selasa, 8/7), baru mencapai 496 orang. Jumlah tersebut merupakan peserta pemilih IPA 287 orang, IPS 97 orang, dan IPC 112 orang.

Seperti juga tahun lalu, Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) kembali masuk dalam daftar perguruan tinggi negeri yang menggelar Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMBPT) 2014. Tercatat ada 13 universitas negeri yang ikut serta dalam penyelanggaraan kali ini. Selain Unsyiah, perguruan tinggi di Aceh yang turut masuk dalam ujian bersama ini adalah Universitas Malikussaleh (Unimal) di Lhokseumawe, dan Universitas Teuku Umar (UTU) di Meulaboh. Selain perguruan tinggi negeri, UMB-PT ini juga melibatkan Universitas Terbuka dan empat Universitas Swasta terkemuka di Indonesia.

Pendaftaran online UMBPT telah dimulai sejak tanggal 9 Juni hingga 31 Juli 2014. Peserta yang akan mengikuti UMBPT kali ini, diharuskan melakukan registrasi di website http://penerimaan.spmb.or.id. Setelah melakukan registrasi pendaftaran, peserta diharuskan membayar biaya pendaftaran di Bank BNI baik melalui counter teller, ATM Bank BNI, ataupun internet banking. Pembayaran pendaftaran ini harus dilakukan dalam rentang waktu 9 Juni sampai 31 Juli 2014. Secara otomatis juga, pembayaran biaya pendaftaran tidak dapat dilakukan lagi bila kapasitas tempat ujian di Panitia Lokal atau Outlet telah terisi penuh.

Untuk menghindari keterlambatan cetak kartu, seperti yang banyak dialami peserta SBMPTN baru-baru ini, maka sebaiknya peserta yang telah mendaftar segera mencetak kartu ujiannya. Sebab jika sampai batas waktu yang ditentukan, yaitu 1 Agustus 2014, belum mencetak kartu, peserta dianggap mengundurkan diri. Dijadwalkan tes tulis UMBPT 2014 akan berlangsung pada tanggal 3 Agustus 2014. Dan pengumuman kelulusan akan diumumkan pada tanggal 11 Agustus 2014.

Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMBPT) merupakan salah satu dari tiga jalur masuk Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), selain Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Jalur UMB-PT ini biasa juga disebut jalur mandiri. (i’m)