Mobil Listrik Unsyiah Juara di Singapura

14.03.2018 Humas

Mobil listrik Unsyiah, Malem Diwa R2.0, berhasil meraih peringkat ke-8 dalam kompetisi rancang bangun mobil masa depan hemat energi Shell Eco-Marathon Asia 2018 yang berlangsung di Singapura (10/3). Mobil karya mahasiswa Fakultas Teknik Unsyiah ini unggul di subkategori baterai listrik yang berhasil melaju mencapai 57 km/kWh.

Menariknya, mobil Unsyiah ini juga berhasil mengalahkan mobil rakitan dari Nanyang Technological University sebagai tuan rumah kompetisi teknologi se-Asia yang hanya menduduki peringkat ke-11. Ini merupakan keikutsertaan pertama kali Unsyiah di kompetisi tahunan yang telah diselenggarakan sejak tahun 2010.

Selain Unsyiah sejumlah Universitas di Indonesia juga ikut berpartisipasi di antaranya Universitas Indonesia, Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Brawijaya, Universitas Muhammadiayah Malang, Universitas Pendidikan Indonesia Bumi Siliwangi.

 Selain itu, juga tercatat beberapa universitas di Asia yang ikut serta, seperti Lac Hongkong University, Kookmin University, Universitas of the Philippines, Instute of Technical Education ITE, juga Nanyang Technological University sebagai tuan Rumah Race Asia ini.

Mobil listrik ini merupakan karya mahasiswa dari jurusan Teknik Mesin dan Elektro, Fakultas Teknik (FT) Unsyiah. Mobil listrik ini dirakit oleh 17 mahasiswa yang turut dibantu dosen pembimbing. Mobil bermotif Pinto Aceh ini didesain sangat efesien dengan sasis terbuat dari alumunium tipis dengan berat sekitar 10 kilogram. (fer)