ODC Unsyiah Gelar Seminar Ekosistem Terumbu Karang

04.04.2018 Humas

Unit Kegiatan Mahasiswa Ocean Diving Club (UKM ODC) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) menggelar Seminar Hasil lima tahun Reef Check yang bertemakan Kondisi Ekosistem Terumbu Karang serta Peluang dan Tantangan terhadap Peran Mahasiswa dalam Upaya Pelestarian Ekosistem. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Kaca Lantai II Gedung Gelanggang, Unsyiah, Rabu (28/3). Acara ini diikuti 100 peserta dari beberapa lembaga kampus dan stakeholder ODC Unsyiah.

Seminar hasil ini menghadirkan tiga pemateri, yaitu Maria Ulfah, M.Si., Iqbal Nindo Turnip dari Ocean Diving Club, dan Marzuki, A.Md dari Yayasan Lamjabat. Seminar ini bukan hanya ditujukan kepada mahasiswa, tetapi juga pemerintah selaku pengambil kebijakan. Kegiatan ini juga diharapkan menjadi langkah untuk terus menyadarkan mahasiswa dan pihak berwenang dalam menjaga lingkungan laut.

Reef Check Day merupakan kegiatan monitoring ekosistem terumbu karang yang dilaksanakan serentak pada tanggal 22 Oktober di seluruh dunia. Reef Check Day sendiri telah berjalan selama 20 tahun dan OceanDiving Club (ODC) yang tergabung dalam Jaringan Kerja Reef Check Indonesia (JKRI) telah berpartisipasi sejak tahun 2009.

ODC Unsyiah akan terus berkomitmen untuk merawat terumbu karang di Aceh. Ada beberapa kecamatan yang menjadi fokus ODC, seperti Kecamatan Krueng Raya (Lhok Mee, Ahmad Rhangmanyang, Benteng Inong Bale) dan Kecamatan Peukan Bada (Pulau Tuan, Lhok Mata Ie, Lhok Keutapang, Pulau Bate Timur, Pulau Bate Barat). Ini merupakan lokasi tetap pemantauan terumbu karang oleh Ocean Diving Club selama sembilan tahun terakhir. [fer]