Pascasarjana Unsyiah Gelar Konferensi Inovasi

04.10.2018 Humas

Humas Unsyiah - Sejumlah akademisi dari berbagai negara dan universitas di Indonesia berkumpul di Banda Aceh untuk membahas perkembangan inovasi dan kreativitas di bidang technopreneurship dan digitalpreneurship. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pascasarjana Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) dalam The 1st International Graduate Conference (IGC) dan The 6th Roundtable Indonesian Entrepreneurship Educators (RIEE) di Gedung Pascasarjana Unsyiah, 3-5 Oktober 2018.

Rektor Unsyiah, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Rektor I, Prof. Dr. Ir Marwan mengatakan kehadiran konferensi ini sejalan dengan semangat Unsyiah dalam meningkatkan jumlah penelitian dan publikasi. Menurutnya dibutuhkan langkah-langkah strategis dalam meningkatkan kemampuan peneliti dalam melakukan penelitian. Terlebih lagi kemajuan sebuah negara salah satu ukurannya dilihat dari hasil penelitian dan inovasi. Ia mengambil contoh Korea Selatan yang mengalami perkembangan penelitian cukup cepat di Asia.

Untuk itu, ia berharap IGC dan RIEE dapat menjadi forum aktif bagi para akademisi, peneliti, dan juga praktisi. Diharapkan konferensi ini dapat melahirkan publikasi berkualitas di masing-masing bidang.

Sementara Ketua Panitia, Dr. Iskandarsyah, SE. MM, mengatakan penyelenggaraan konferensi ini salah satu upaya untuk mencapai tujuan Unsyiah sebagai universitas yang inovatif, independen, dan terkemuka. Ia menambahkan panitia telah menerima 52 abstrak makalah dari partisipan dengan berbagai topik. Nantinya makalah tersebut akan dipaparkan di konferensi dalam empat sesi paralel.

“Makalah yang dipilih dalam konferensi ini memiliki kesempatan untuk dipublikasikan di Scopus,” ujar Iskandar.

Konferensi ini menghadirkan keynote speaker Dr. Mohamed Abdel (Henan University, China), Prof. Hamdan Said (University Teknologi Malaysia), Dr. Syaifulah, ST., M.Eng (Unsyiah), Sunil Tolani (CEO Calibreworks), Jhody A Prabawa (CEO NeoSentre), Pinpin Bhaktiar (CEO Mahajirehland).