Pembayaran SPP Tak Ada Masa Perpanjangan

16.01.2015 Humas

WARTA UNSYIAH — Kuliah untuk semester genap tahun akademik 2014/2015 dimulai pada 2 Februari 2015. Oleh karenanya, sesuai dengan kalender akademik universitas, mahasiswa wajib melakukan pendaftaran ulang dan pembayaran biaya pendidikan (SPP) untuk semester genap ini.

Mulai tanggal 19-27 Januari 2015, mahasiswa sudah bisa melakukan pembayaran SPP pada Bank BNI, BRI, Bank Aceh, BTN, Bank Mandiri, dan Bank Mandiri Syariah (BSM), sementara pada Bank BNI Syariah sedang diupayakan. Mahasiswa diwajibkan untuk segera membayar SPP karena pada semester ini tak ada masa perpanjangan seperti pada semester sebelumnya.

“Kali ini tak ada masa perpanjangan pembayaran SPP. Untuk itu, kami mengimbau kepada mahasiswa agar segera melakukan pendaftaran ulang dan pembayaran biaya SPP,” kata Rektor Unsyiah, Samsul Rizal, di ruang kerjanya.

Rektor juga mengatakan, mahasiswa tahun akademik 2013 dan 2014 yang telah mengajukan peninjauan kembali Uang Kuliah Tunggal Berkeadilan (UKTB) melalui tim verifikasi UKTB dari tanggal 18 Juni-14 Agustus 2014 dapat berpedoman pada Surat Rektor Nomor 2490/UN11/TU/2014 Tanggal 11 Juni 2014.

“Bagi mahasiswa angkatan 2013 dan 2014, hasil verifikasi dapat dilihat pada KRS Online Unsyiah. Bisa saja UKTB-nya turun, naik, atau tetap, yang mulai berlaku untuk semester ini. Verifikasi UKTB mahasiswa SNMPTN dan SBMPTN hanya dapat dilakukan satu kali selama menjadi mahasiswa Unsyiah,” paparnya.

Pembayaran SPP kali ini bersamaan dengan masa pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) Online yang dapat diakses pada www.krs.online.unsyiah.ac.id. Untuk pertama kalinya, sistem pengisian KRS Online akan menggunakan sistem pengisian KRS dan perwalian. Pada semester genap 2014/2015, tanggal 19-27 Januari 2015, sistem perwalian online akan diterapkan dan diuji coba di tiga fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, dan Fakultas MIPA. Dengan sistem ini, diharapkan maksud dari perwalian akademik tetap berjalan, namun pencatatannya dilakukan secara lebih baik menggunakan sistem komputer.

“Mahasiswa akan memilih mata kuliah melalui aplikasi KRS Online seperti biasa dan dosen PA menentukan pandangannya melalui aplikasi dosen wali yang dapat diunduh pada www.krsonline.unsyiah.ac.id/dosen,” ujar Taufiq Abidin, Kepala UPT PUKSI, Unsyiah.

Komunikasi dan diskusi antara dosen pembimbing akademik (PA) diharapkan tetap berlangsung baik secara online maupun secara langsung. Mekanisme diskusinya diserahkan langsung kepada masing-masing dosen PA.[mrt-be]