Peneliti Amerika Bekerjasama dengan Unsyiah untuk Penelitian Primatologi

28.09.2017 Humas

Justin D'Agostino, peneliti dari Amerika Serikat dan juga kandidat ahli antropologi yang bergelar Ph.D di SIL (USA) akan melakukan penelitian studi primatologi. Selain Justin, Ziva Justinek yang berasal dari Slovenia juga turut serta dalam penelitian tersebut. Mereka berdua akan melakukan penelitian di dua lokasi Sumatera Utara, yaitu Sikundur dan Batang Toru. Direncanakan studi ini akan berlangsung sekitar sepuluh bulan yang turut dibantu oleh lembaga Sumatran Orangutan Conservation Program (SOCP).

Studi primatologi ini bertujuan untuk mengetahui efek polusi suara terhadap perilaku hewan siamang. Selain itu, juga untuk mengetahui apakah suara yang disebabkan oleh manusia dapat mengubah keadaan emosional internal primata dan apakah dapat dideteksi dalam perilaku komunikasi primata. Penelitian ini akan berkolaborasi dengan dosen FKIP Biologi Unsyiah, Dr. Abdullah.

Setelah menyelesaikan penelitian ini, mereka berencana menggelar konferensi internasional yang bertemakan Indonesian Forest Research di Universitas Syiah Kuala, pada tanggal 1 Mei 2018. Dijadwalkan beberapa narasumber dari Amerika, Eropa, dan Asia akan turut hadir.

Justin D'Agostino dan Ziva Justinek juga merupakan penerima Beasiswa Fulbright Indonesia untuk periode 2017/2018.