Peserta UMB di Unsyiah Sebanyak 3.783 Orang

04.08.2014 Humas

Sebanyak 3.783 orang lulusan SMA/MA/SMK, Minggu (3/8), mengikuti ujian tulis untuk masuk Perguruan Tinggi melalui Ujian Masuk Bersama (UMB) di panitia lokal Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) tahun 2014. Angka tersebut merupakan akumulasi dari jumlah pendaftar jurusan IPA sebanyak 1.029 orang, IPS 969 orang, dan IPC (campuran) 1.785 orang.

Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMBPT) merupakan salah satu dari tiga jalur masuk Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), selain Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Jalur UMB-PT ini biasa juga disebut jalur mandiri.

Rektor Unsyiah Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng mengatakan pelaksaan ujian tulis jalur UMB hanya berlangsung satu hari dan serentak dilakukan dengan universitas-universitas yang ikut menyelenggarakan UMBPT ini. Ada 14 universitas yang membuka jalur penerimaan mahasiswa melalui UMBPT. Tiga universitas berasal dari Aceh yaitu Unsyiah, Universitas Malikussaleh Kota Lhokseumawe dan Universitas Teuku Umar Meulaboh.

“Ada tiga tahap ujian yang disusun oleh panitia. Ujian tulis untuk calon mahasiswa yang mengambil bidang studi IPA berlangsung sejak pada pukul 8 pagi, dan untuk IPS ujiannya dimulai pada pukul 10 pagi. Sedangkan peserta UMB yang mengambil soal campuran atau IPC harus mengikuti ujian mulai dari pagi sampai pukul 3 siang,” sebutnya.

Samsul menambahkan, hasil kelulusan UMB akan diumumkan pada Senin 11 Agustus 2014 di situs www.spmb.or.id. Porsi penerimaan mahasiswa yang diterima lewat jalur UMB sebanyak 20 persen dari jumlah keseluruhan mahasiswa baru Unsyiah tahun 2014.

Selain itu, lanjut Samsul, Unsyiah juga pada hari yang sama melaksanakan ujian tulis untuk para calon mahasiswa baru Unsyiah yang berasal dari luar negeri. Tahun ini sebanyak 15 orang mahasiswa asing mengikuti ujian tulis tersebut. Mereka adalah para calon mahasiswa dari Turki 12 orang, dan dari negara Thailand 3 orang. Calon mahasiswa asing tersebut umumnya memilih program studi Pendidikan Bahasa Inggris. Sebelumnya mereka juga telah lebih dahulu diwawancara langsung oleh Lembaga Bahasa Unsyiah. Saat ini, sebanyak 48 orang mahasiswa Unsyiah berasal dari luar negeri. Umumnya mereka berasal dari Turki dan dari Turkmenistan.

Ada 14 universitas yang membuka jalur UMB yaitu, Unsyiah, Unimal, Universitas Teuku Umar (UTU), Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Universitas Negeri Medan (Unimed), Universitas Jambi (Unja), Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Universitas Palangka Raya (UPR), Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Banten, Universitas Borneo Tarakan (UBT), Universitas Udayana (Unud) Bali, hingga Universitas Terbuka (UT).

Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang harus dibayar oleh mahasiswa yang lulus melalui jalur Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMB-PT) Tahun 2014 relatif lebih mahal dibandingkan dengan kedua jalur lainnya, yaitu SNMPTN dan SBMPTN. Informasi besaran UKT untuk jalur tersebut termuat di laman http://unsyiah.ac.id/pengumuman/. Biaya kuliah minimum yang harus dibayar oleh mahasiswa yang masuk melalui jalur ini adalah sebesar Rp. 4.500.000,-. Sementara UKT minimum untuk program-program studi favorit seperti Pendidikan Dokter dan Pendidikan Dokter Gigi adalah sebesar Rp. 19.000.000,-, dan angka maksimum yang harus dibayarkan oleh mahasiswa kedua program studi tersebut yang lulus melalui jalur ini adalah Rp. 28.000.000,-. (rz)