Rektor Unsyiah Ajak Forum IMT-GT Tingkatkan Kerja Sama Regional

30.09.2017 Humas

Rektor Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Prof.Dr.Ir. Samsul Rizal, M.Eng menghadiri forum  Indonesia-Malaysia dan Thailand Growth Triangle University Network (IMT-GT UNINET) ke 23 pada 28 September 2017 di Bangka Belitung. Pada kegiatan tersebut Rektor mengajak forum untuk terus meningkatkan kerja sama regional.

“IMT-GT harus bisa memberikan dampak positif. Maka komitmen kita dalam membangun kerja sama regional harus ditingkatkan,” ujar Rektor.

Pada kegiatan ini, Rektor Unsyiah yang hadir sebagai Chairman of IMT-GT UNINET mengusulkan beberapa project yang telah tersusun dalam wadah kerja sama IMT-GT UNINET. Rektor juga mempresentasikan The UNINET Action Plan 2017 – 2021.  Rektor berharap, melalui forum seperti ini Unsyiah bisa terlibat banyak dalam upaya pembangunan regional.

Forum ini turut dihadiri Menteri Koordinator dari Thailand dan Malaysia. IMT-GT UNINET merupakan kerja sama antar Universitas di tiga negara kawasan Asia Tenggara yaitu Indonesia, Malayasia dan Thailand. Pada UNINET 2017 melibatkan 12 universitas di Indonesia, 8 universitas dari Malaysia dan 4 universitas dari Thailand.

IMT-GT Uninet telah diresmikan keberadaannya pada tahun 1996. Awalnya, kerja sama ini hanya beranggotakan delapan universitas dari ketiga Negara anggota, yaitu Universitas Syiah Kuala, Universitas Sumatera Utara, dan Universitas Andalas dari Indonesia; Universiti Teknologi MARA, Universiti Utara Malaysia, dan Universiti Sains Malaysia dari Malaysia; serta Prince of Songkla University dan Thaksin University dari Thailand.