Rektor Unsyiah Ajak Mahasiswa Kaji Alquran

05.11.2017 Humas

Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) menggelar haflah dan khataman Alquran dalam rangka memperingati milad ke-56 tahun. Kegiatan ini dipusatkan di Masjid Jamik Darussalam, Sabtu (4/11) yang diikuti ratusan mahasiswa dan civitas akademika Unsyiah.

Rektor Unsyiah, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng, mengatakan kegiatan ini dilakukan untuk mengajak seluruh civitas Unsyiah agar mengingat kematian. Sebab menurutnya kematian merupakan hal yang paling dekat dalam kehidupan ini.

“Kematian merupakan hal yang paling dekat dan tidak dapat ditunggu,” tegasnya.

Rektor juga mengajak para mahasiswa untuk dapat mengkaji Alquran sehingga setamat nanti dapat mentafsir Alquran dengan baik. Rektor juga berjanji kegiatan mengaji massal ini akan dilakukan rutin setiap bulannya. Sehingga nantinya menghadirkan mahasiswa yang mampu membaca Alquran dan dapat meningkatkan peringkat Unsyiah saat Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Mahasiswa.

Kegiatan ini menghadirkan qori internasional dan nasional, seperti H. Darwin Hasibuan, Takdir Feriza, Irfan Said, Muhammad Iqbal, dan Hamli Yunus. Selain khatam Alquran, kegiatan juga diisi dengan ceramah dari Ustad Mursalin Basyah. Dalam penyampaiannya Ustad Mursalin menyampaikan jika Alquran merupakan satu-satunya mukjizat Nabi Muhammad Saw yang tersisa di muka bumi. Alquran juga merupakan kitab yang mengajarkan peradaban dan keilmuwan yang sangat detail.

“Dengan Alquran kita diajarkan menjadi umat terbaik dan teladan di muka bumi,” pungkasnya. [fer]