Rektor Unsyiah Buka Turnamen Bulutangkis USSRC VII Tahun 2017

09.12.2017 admin

Rektor Unsyiah Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal M.Eng membuka Turnamen Bulutangkis Unsyiah Super Series Rektor Cup (USSRC) VII Tahun 2017 di Gedung Sport Center Unsyiah pada Jumat (08/12/2017). Dalam sambutannya, Prof. Samsul berharap agar turnamen tahunan ini dapat semakin baik dari tahun-tahun sebelumnya. “Pihak Universitas sangat mendukung penyelenggaraan turnamen ini. Kita berharap turnamen ini dapat menghasilkan bibit-bibit unggul yang nantinya dapat diikutsertakan untuk pertandingan berskala nasional,” kata Rektor di hadapan para undangan yang hadir. Tampak hadir dalam acara pembukaan itu di antaranya pengurus Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Provinsi Aceh, official, dan para atlet dari berbagai perguruan tinggi di Aceh. Rektor juga mengharapkan agar ke depan, turnamen ini dapat dikembangkan lagi, tidak hanya tingkat mahasiswa namun ada juga (misalnya) untuk tingkat SMA. Menurut Rektor, di Unsyiah ada banyak gedung yang dapat dijadikan sebagai arena bulutangkis. Rektor menekankan, agar kerjasama UKM Bulutangkis dengan PBSI ini dapat terjalin secara berkelanjutan.

Sebelumnya, wakil dari PBSI Wirdansyah, S.Ag dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang tinggi dari pihak PBSI terhadap kegiatan yang dilaksanakan mahasiswa ini. “Acara seperti ini selaras dengan agenda PBSI Aceh untuk menemukan bakat-bakat baru bulutangkis,” katanya. Bendahara Umum PBSI Aceh ini juga sangat mendukung motto dari kegiatan unggulan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bulutangkis Unsyiah ini yaitu menjalin silaturrahim antarsesama atlet bulutangkis Aceh. Wirdansyah berharap kegiatan ini dapat berlangsung terus setiap tahunnya dan berpesan terhadap atlet untuk menjunjung nilai-nilai sportivitas.

Turnamen Bulutangkis USSRC VII Tahun 2017 diikuti 50 pasangan. Acara tahunan UKM Bulutangkis Unsyiah ini berlangsung selama 3 hari yaitu 8 - 10 Desember 2017. Peserta berasal dari beberapa perguruan tinggi di Aceh yang di antaranya dari Aceh Barat, Aceh Besar, Lhokseumawe, dan Banda Aceh. Menurut Ketua Panitia M Irsyadul Afkar, nomor yang dipertandingkan tahun ini sama seperti tahun lalu yaitu nomor ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran. Irsyadul merinci jumlah peserta dari tiap nomor, yaitu 27 pasangan untuk ganda putra, 10 pasangan ganda putri, dan 13 pasangan untuk nomor ganda campuran.

Turnamen antarmahasiswa se-Aceh yang turut didukung oleh PBSI Aceh dan Pemerintah Aceh ini merupakan agenda tahunan UKM Bulutangkis Unsyiah. Menurut Ketua UKM Bulutangkis Unsyiah Almas Awanis, turnamen tahun ini memecahkan rekor peserta terbanyak sejak penyelenggaraan pertama, yaitu sebanyak 100 atlet. Para atlet ini berasal dari Universitas Teuku Umar, Universitas Malikussaleh, Politeknik Negeri Lhokseumawe, Universitas Serambi Mekkah, Universitas Muhammadiyah Aceh, UIN Ar-Raniry, ISBI Aceh, STKIP Bina Bangsa Getsempena, dan Universitas Syiah Kuala.