Relawan Unsyiah Fokus Rehabilitas dan Rekonstruksi Gempa Lombok

10.08.2018 Humas

 

Unsyiah mengirimkan sejumlah relawannya untuk menangani gempa Lombok. Di sana mereka akan fokus memberi bantuan di bidang medis dan mengidentifikasi masalah terkait kerusakan wilayah dan bangunan. Tim ini terdiri dari Dr. dr. Safrizal, SP.OT.; Dr. Yunita Idris, ST., M.Eng. Struc.; Dr. Saumi Syahreza, S.Si., M.Si.; Ibnu Rusydy, M.Sc.; dr. Wieko Prayudi. Mereka merupakan pakar terbaik Unsyiah di bidang kesehatan, kebencanaan, hingga struktur bangunan.

“Aceh sudah berpengalaman tanggap terhadap bencana. Kita melihat, di sana (NTB) koordinasi bantuan belum terkelola dengan baik. Kita ingin memberi contoh, sekaligus menghibur dan memberi solusi,” ujar dr. Safrizal saat pelepasan relawan di Pendopo Gubernur Aceh, Kamis (9/8).

Ia menambahkan ada tiga asesmen yang akan dilakukan tim di Lombok, yaitu asesmen kesehatan tanggap darurat, asesmen kerusakan bencana, dan asesmen korban gempa. Safrizal juga menyebutkan saat ini sudah terkumpul donasi sebanyak Rp 400juta. Diharapkan bantuan ini dapat membantu meringankan derita para korban bencana.

“Kita berharap nantinya dapat membantu NTB, seperti membangun gedung sekolah, pusat kesehatan masyarakat, atau bantuan lainnya, sehingga bantuan dari Aceh berkesan bagi masyarakat Lombok.” (mr/fer)