Resmi! Unsyiah Berakreditasi “A”

06.08.2015 admin

Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) secara institusi telah resmi memperoleh nilai akreditasi “A” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Nilai tersebut tertera dalam surat keputusan (SK) BAN-PT nomor 736 Tahun 2015 tentang nilai dan peringkat akreditasi institusi perguruan tinggi. SK ini diterima oleh Unsyiah kemarin, Kamis (6/8).

Dalam surat keputusan tersebut ditulis bahwa Universitas Syiah Kuala Banda Aceh terakreditasi dengan nilai 362 peringkat A (sangat baik). Nilai akreditasi yang akan berlaku untuk lima tahun ke depan ini ditetapkan sejak tanggal 10 Juli 2015.

Dalam tabel daftar perguruan tinggi di Insonedia pada laman resmi BAN-PT, http://ban-pt.kemdiknas.go.id, terdapat hanya 23 perguruan tinggi yang berakreditasi A (Lihat: 24 Perguruan Tinggi Berakreditasi A), sementara nama Unsyiah belum tertera dalam daftar tersebut. Umumnya, perguruan tinggi yang berakreditasi sangat baik ini berada di pulau Jawa. Hanya tiga perguruan tinggi luar Jawa yang berhasil mencapai tingkat penilaian ini, yaitu Universitas Hasanuddin Makasar, Universitas Andalas Padang, dan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Jumlah perguruan tinggi yang sudah diakreditasi dalam tabel tersebut sebanyak 549.

Perjuangan Unsyiah untuk memperbaiki nilai akreditasi institusinya sudah berlangsung lama, yaitu sejak Unsyiah dinyatakan mendapatkan nilai akreditasi C tahun 2009 lalu. Namun demikian, persiapan dan pengisian borang akreditasi baru dilakukan sejak sekitar dua tahun lalu, setelah rektor Unsyiah, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng., menunjuk tim Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) Unsyiah di bawah pimpinan Dr. Syahrunnur Madjid.

Pengiriman borang akreditasi dilakukan Unsyiah pada Januari 2015, dan Unsyiah menerima visitasi tim asesor BAN PT pada awal Mei 2015 lalu. Tim Asesor ini berjumlah empat orang. Mereka adalah Dr. Mahriyuni M.Hum dari Universitas Negeri Medan (UNIMED), Dr. Haryadi M.Sc dari Universitas Soedirman (Unsoed), Prof. Dr. Suyanto M.Si dari Universitas Airlangga (UNAIR) dan Prof. Dr. Suwito MA dari Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta.

Rektor Unsyiah, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng. mengaku sangat gembira mendapatkan kabar ini. Samsul berharap bahwa semangat untuk menjaga kualitas pelayanan akademik di kampus jantung hati rakyat Aceh ini tetap terpelihara seperti saat berjuang untuk mendapatkan nilai A ini.

“Kita punya kompetensi yang beragam dan sangat luar biasa di Unsyiah ini, jika kita semua selalu bersatu dan bersinergi untuk mencapai visi yang sama, Insya Allah tidak ada yang tidak mungkin untuk kita capai,” kata Samsul bersemangat.

Visi Unsyiah adalah menjadi universitas yang inovatif, mandiri, dan terkemuka dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, humaniora, olahraga, dan seni, sehingga menghasilkan lulusan berkualitas yang menjunjung tinggi nilai-nilai moral dan etika. (i’m)

 

24 Perguruan Tinggi Berakreditasi A
IPB, Bogor
ITB, Bandung
ITS, Surabaya
Poltek Elektronika Negeri Surabaya
Unair, Surabaya
Unand, Padang
Unibraw, Malang
Undip, Semarang
UGM, Jogjakarta
Univ. Gunadarma, Jakarta
Unhas, Makasar
UI, Jakarta
UII, Jogjakarta
UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang
UIN Sunan Kalijaga, Jogjakarta
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Univ. Kristen Petra Surabaya
Univ. Muhammaddiyah Malang
Univ. Muhammaddiyah, Jogjakarta
UNJ, Jakarta
Univ. Negeri Malang
Unpad, Bandung
UNS, Surakarta
Unsyiah, Banda Aceh