Ribuan Mahasiswa Unsyiah Ikut Pakarmaru

14.08.2017 Humas

Sebanyak 5.109 mahasiswa baru Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) mengikuti Pembinaan Akademik dan Karakter Mahasiswa Baru (Pakarmaru) 2017. Kegiatan yang melibatkan mahasiswa dari 12 fakultas ini dipusatkan di Gedung AAC Dayan Dawood mulai 14-30 Agustus 2017, Darussalam, Banda Aceh, Senin (14/8).

Pelaksanaan Pakarmaru 2017 dibagi tiga tahap dimana setiap fakultas akan digilir dalam mengikuti Pakarmaru sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan.

Rektor Unsyiah Prof Dr Ir Samsul Rizal MEng mengatakan, Pakarmaru merupakan kegiatan untuk mempersiapkan karakter mahasiswa agar siap memasuki dunia perkuliahan. Ia menekankan tidak akan ada lagi ospek atau perpeloncoan bagi mahasiswa baru dari mahasiswa lama.

“Tidak ada lagi proses perpeloncoan di sini (Unsyiah) dan tidak ada lagi kegiatan ospek dari mahasiswa ke mahasiswa,” tegasnya.

Unsyiah akan memberikan sanksi bagi siapa saja mahasiswa yang mengadakan kegiatan dengan memobilisasi para mahasiswa baru dengan dalih apapun. Prof Samsul berharap Pakarmaru ini nantinya bisa melahirkan mahasiswa Unsyiah yang memiliki karakter baik, disiplin, dan berprestasi. Terlebih lagi saat ini Unsyiah semakin diperhitungkan di tingkat nasional dan mulai dikenal di tingkat internasional. Hal itu terbukti berdasarkan data di Webometric per Agustus 2017 dimana Unsyiah menduduki peringkat 11 kampus terbaik di Indonesia.

“Demi meningkatkan prestasi mahasiswa dan institusi, maka mahasiswa Unsyiah harus selalu disiplin, mandiri, dan mengukir berprestasi,” katanya.

Rektor Unsyiah menghimbau agar mahasiswa jangan sampai menjadi benalu yang bersifat merugikan bagi orang lain dan tidak produktif. Namun kehadiran mahasiswa Unsyiah mesti bisa membawa manfaat bagi bangsa, khususnya bagi masyarakat Aceh.

“Tunjukkan dan buktikan bahwa Anda punya bakat dan keahlian yang bisa menguntungkan orang banyak. Ciptakanlah inovasi yang kreatif yang nantinya dapat mempekerjakan orang banyak,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan, kehadiran Unsyiah selama ini sudah dirasakan manfaatnya oleh berbagai pihak. Kontribusi positif yang telah terukir ini harus mampu dilanjutkan oleh generasi penerus, khususnya bagi mahasiwa yang baru saja diterima di kampus Jantong Hatee Rakyat Aceh.

“Mari kita ubah pola pikir kita yang selama ini cenderung konsumtif, kini kita ubah ke pola pikir yang produktif,” paparnya.

Rektor Unsyiah juga berpesan kepada mahasiswa baru agar mengamalkan kandungan Alquran dan kitab kepercayaan masing-masing untuk meningkatkan potensi diri. Selain itu, mahasiswa baru diminta untuk memperkuat bahasa asing agar mampu bersaing dengan berbagai negara di dunia.

Pakarmaru 2017 juga menghadirkan beberapa pemateri, antara lain Panglima Kodam Iskandar Muda, Kapolda Aceh, Kajati Aceh, Wakil-Wakil Rektor, Kepala Kesbangpolinmas, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama, Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi Aceh, Dirlantas Polda Aceh, dan pagelaran Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) serta expo mahasiswa. []

 

Penulis: Ferhat Muchtar

Editor  : Reza Fahlevi