Senior Expert Asal Jerman Menjadi Pameteri ISO di THP Unsyiah

12.07.2018 Humas

Jurusan Teknologi Hasil Pertanian (THP) Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala menghadirkan Senior Expert asal Jerman bidang Food Safety Mr. Thomas Hansen Ingerman sebagai pemateri dalam kegiatan training ISO 14000 (Manajemen Lingkungan), mulai tanggal 12 – 13 Juli 2018 di Ruang Doktor Fakultas Pertanian Unsyiah. (Kamis, 12/7).

Dekan Fakultas Pertanian Unsyiah Prof. Dr. Ir. Samadi, M. Sc mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi dan merupakan suatu hal yang luar biasa atas upaya jurusan THP menghadirkan senior expert asal Jerman tersebut. Menurutnya,  negara Jerman memang memiliki program untuk mengoptimalkan para senior expert mereka yang telah pensiun namun masih memiliki kompetensi. Pemerintah Jerman mendata mereka lalu membuka peluang kepada negara manapun sesuai yang memerlukan jasanya dan sesuai dengan kebutuhan negara tersebut.

“Maka ini kesempatan yang baik untuk mendapatkan ilmu dari mereka. Sebab  kita hanya menanggung biaya hidup mereka saja selama di sini, selebihnya ditanggung oleh pemerintah Jerman,” ujar Prof. Samadi.

Prof Samadi menambahkan, pelatihan ISO ini pun sangat tepat dengan kondisi jurusan THP Unsyiah saat ini. Pasalnya, tahun depan jurusan ini akan mengikuti reakreditasi dan materi-materi yang disampaikan merupakan poin penting dari akreditasi

“Jadi pelatihan ini bukan saja meningkatkan kompetensi kita, namun juga sangat penting dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran,” ungkapnya.

Ketua Jurusan THP Unsyiah Dr. Mhd. Ikhsan Sulaiman, S.TP., M.Sc mengatakan Mr. Thomas Hansen Ingerman adalah sosok yang sangat berpengalaman khususnya di bidang food safety. Untuk itulah, para peserta diharapkan bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaikmungkin.

Ikhsan juga mengungkapkan, selain pelatihan ISO 1400, THP Unsyiah juga melaksanakan pelatihan ISO 1800 dan Hazard Analysis and Critical Control Point (HACCP). Sementara para peserta kegiatan ini adalah dosen fakultas pertanian dan dosen lain di lingkungan Unsyiah.