Sentra HKI Unsyiah dan SPIRE adakan FGD dan Sosialisasi HKI

19.03.2018 admin

Sentra Hak Kekayaan Institusi (Sentra HKI) dan SPIRE Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) mengadakan Fokus Grup Diskusi (FGD) dan Sosialisasi Pengajuan Hak Cipta dan Hak Kekayaan Industri pada hari Senin (19.03.2018) di LPPM Universitas Syiah Kuala. Kegiatan diikuti lebih kurang 70 dosen dari berbagai Fakultas di lingkungan Unsyiah. Dr.Abdullah selaku ketua Sentra HKI Unsyiah menyampaikan bahwa kegiatan ini dibagi ke dalam 2 sesi. Sesi pertama membahas tentang IP Policy (kebijakan HKI) Unsyiah dengan nara sumber Dr. Sri Walny Rahayu, S.H., M.Hum. dan Dr. Sanusi, S.H., M.L.I.S, LLM. dari Fakultas Hukum Unsyiah, sementara sesi kedua berkaitan dengan sosialisasi dan teknis pengajuan HKI bagi dosen Unsyiah.

Kegiatan ini dibuka oleh Dr. Hizir selaku Wakil Rektor 1 Unsyiah. Dalam kata sambutannya Dr. Hizir mengatakan bahwa HKI merupakan salah satu point penting dalam akreditasi institusi dan perangkingan universitas dan program studi, serta mendapatkan credit point untuk peneliti dalam promosi jenjang fungsional akademik. Saat ini Unsyiah berada di posisi 27 dalam pemeringkatan Universitas berdasarkan Dikti dan menargetkan dapat masuk peringkat 10-15 dalam beberapa waktu mendatang. Diharapkan dengan kegiatan FGD dan sosialisasi HKI semakin banyak dosen Unsyiah yang mengajukan HKI dan menjadi nilai tambah akreditasi dan perangkingan Universitas untuk masa yang akan datang.

Saat ini Sentra HKI Unsyiah mendapat dukungan penguatan managemen dari SPIRE Project yang didanai oleh European Commission. Prof. Samadi selaku koordinator SPIRE Unsyiah menyampaikan bahwa beberapa program SIPRE telah ilaksanakan dengan target peningkatan capacity building dalam bentuk pelatihan yang telah dilaksanakan di ITS, Surabaya tentang IP manajemen di universitas dan kebijakan HKI di universitas. Kegiatan capacity building kedua dilaksanakan di Chulalongkorn University, Thailand membahas tentang Manajemen Transfer Teknologi. Setiap kegiatan capacity building diikuti oleh Tim SPIRE Unsyiah yang terdiri dari Dr. Abdullah, Dr. Taufik F. Abidin dan Zulfadhli, S.T, M.T. Diharapkan dengan adanya dukungan dari SPIRE, HKI Unsyiah menjadi salah satu sentra terkemuka dalam mengembangkan HKI terlebih dengan adanya pelatihan dan sharing informasi dari berbagai universitas di Eropa dan Asia yang tergabung dalam proyek SPIRE.