Survei ISSLA untuk Angkatan 2013 dan 2015

26.01.2017 Humas

Survei ISSLA adalah survei tentang keterlibatan aktif mahasiswa dalam proses pembelajaran, yaitu menanyakan kepada mahasiswa tentang sejauh mana mereka mengalami terlibat aktif pada pembelajaran mereka di dalam dan di luar kelas. Survei ISSLA ditujukan untuk mahasiswa Program S1 tahun pertama (setelah dua semester) dan tahun akhir (setelah semester 7), yang berarti Survei ISSLA ini ditujukan kepada seluruh mahasiswa S1 angkatan 2013 dan 2015 Unsyiah.

Mahasiswa tahun pertama dipilih karena sudah merasakan proses pembelajaran sehingga bertujuan untuk membaca proyeksi ke depan keterlibatan aktif mahasiswa dalam pembelajaran. Sedangkan mahasiswa tahun terakhir dipilih karena bertujuan untuk mengetahui sejauh mana mahasiswa telah secara aktif memanfaatkan waktunya dan melibatkan dirinya dalam berbagai aktivitas yang berkaitan dengan pembelajaran.

Survei ISSLA dapat diakses pada link berikut : surveyissla.ugm.id

ISSLA (Indonesian Survey of Student Learning Activities) diadaptasi dari NSSE (National Survey of Student Engagement) yang diselenggarakan oleh Indiana University di USA. Survei ISSLA diselenggarakan pertama kali pada tahun 2000 dan Universitas Gadjah Mada terpilih sebagai tuan rumah untuk penyelenggaraan survei ini di Indonesia. Pengembangan Survei ISSLA ini didukung oleh kerjasama antara USAID  Higher Education Leadership dan Management (HELM), Kemenritekdikti (Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia). Tahun ini, terdapat kurang lebih 50 Perguruan Tinggi yang akan mengikuti Program ISSLA ini, dan Universitas Syiah Kuala adalah salah satunya.

Program Survei ISSLA ini bertujuan untuk mengetahui unsur-unsur pembelajaran yang sudah meningkat dan unsur-unsur yang masih perlu memperoleh perhatian khusus untuk peningkatannya. Hasil survei bermanfaat untuk mengembangkan kebijakan pendidikan tinggi pada masing-masing Perguruan Tinggi yang disurvei dan pada tingkat nasional.

Survei ini diperlukan untuk mengetahui pandangan mahasiswa tehadap pengalaman dalam pendidikan tinggi. Mahasiswa memiliki sumbangan besar dalam memberi pengaruh pada rancangan kurikulum dan dalam menyampaikan pandangan dan umpan balik tentang pengalaman mereka di fakultas. Umpan balik yang baik tentang kepuasan dan keterlibatan mahasiswa akan membuat mahasiswa menglami suatu pendidikan yang relevan dan sesuai dengan pengembangan dan pertumbuhan pribadi sebagai warga yang berperan dalam masyarakat.

Pertanyaan – pertanyaan Survei ISSLA disusun untuk menggambarkan 10 indikator keterlibatan aktif mahasiwa dalam pembelajaran pendidikan tinggi, yaitu:

  1. Cara berpikir tingkat tinggi;
  2. Pembelajaran reflektif dan integratif;
  3. Penalaran kuantitatif;
  4. Strategi pembelajaran;
  5. Pembelajaran kolaboratif;
  6. Diskusi dengan beragam orang;
  7. Interaksi mahasiswa – dosen;
  8. Praktik pengajaran yang efektif;
  9. Kualitas interaksi;
  10. Lingkungan kampus yang mendukung.

 

Informasi tambahan :

  • Survei ISSLA hanya tersedia dalam Bahasa Indonesia.
  • Data survei akan disimpan dengan aman oleh sistem yang secara teknis hanya digunakan untuk Program ISSLA.
  • Survei ini benar-benar bersifat rahasia. Mahasiswa berpartisipasi dalam survei ini dengan mengikuti tautan (link) yang akan disampaikan melalui email atau dengan mengakses kuesioner survei secara langsung dari link : surveyissla.ugm.id
  • Setiap data yang berkaitan dengan identitas individu mahasiswa akan dihapus secara otomatis. Tidak ada mahasiswa yang akan dapat dikenali dari laporan ISSLA.
  • Survei akan melibatkan responden semua mahasiswa program studi S-1 tahun pertama dan tahun terakhir. Survei ini tidak dimaksudkan untuk lulusan/alumni.
  • Pertanyaan kuesioner yang sama akan digunakan untuk semua mahasiswa.