Tim BLITS Explore Indonesia Kunjungi Unsyiah

26.12.2018 Humas

Tim Blits Explore Indonesia 2018 hadir di Universitas Syiah Kuala dalam kegiatan sharing session mobil listrik PLN BLITS pada Rabu, (26/12). Tim ini terdiri dari dosen dan mahasiswa Institus Teknologi Surabaya (ITS) serta Universitas Budi Luhur, dan PLN sebagai pihak sponsor. Dalam sharing session ini, tim BLITS memperkenalkan dua mobil listrik produksi anak negeri yang diberi nama Blits dan Kasuari.

Kegiatan ini dihadiri oleh Plt. Gubernur Aceh Ir. Nova Iriansyah M.T, Wakil Rektor I Bidang Akademik Unsyiah Dr. Ir. Mawan, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Unsyiah Dr. Alfiansyah Yulianur, Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Perencanaan, dan Humas Dr. Hizir, Dekan Fakultas Teknik Unsyiah, Dr. Taufiq Saidi, General Manager PLN UIW Aceh Jefri Rosiadi di dampingi para Senior Manager, serta puluhan dosen dan mahasiswa dari Fakultas Teknik Unsyiah.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Marwan mengharapkan dengan adanya sharing ini, para akdemisi dan mahasiswa Unsyiah bisa belajar dan terus berkembang dengan memunculkan inovasi-inovasi baru dibidang transportasi.

“Mahasiswa kita juga sudah menciptakan mobil listrik yang diberi nama Malem Diwa, bahkan sudah pernah ikut perlombaan karya inovatif di level Nasional dan Internasional. Cikal bakalnya sudah ada, yang harus dilakukan sekarang adalah terus mandalami penciptaan inovasi di bidang ini”, tegas Marwan.

Marwan juga mengharapkan nantinya pemerintah dapat membuat kebijakan baru terkait pemanfaatan energi, khusunya di dunia transportasi.

Sementara itu, General Manager PLN menerangkan bahwa kedepannya kita harus bersiap untuk beralih ke penggunaan mobil dengan tenaga listrik. Hal ini tak lain untuk mengurangi penggunaan BBM yang suatu saat pasti akan habis.

Dalam kesempatan tersebut Plt. Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengapresiasi hasil karya anak bangsa, Blits, Kasuari maupun Mobil Malem Diwa. Pemerintah sangat mendukung sinergitas antara PLN UIW Aceh, Unsyiah dan Pemda Aceh dalam mengembangkan karya inovasi anak negeri.

“Penggunaan mobil listrik adalah sebuah keniscayaan”, tutup Nova.

Selanjutnya, sesi sharing di isi oleh Dr. M. Nur Yuniarti, tim BLITS yang juga dosen ITS. Sesi ini diawali dengan memaparkan presentasi tentang inovasi kendaraan listrik untuk bangsa. Dalam pemaparannya, ia meyakinkan bahwa penggunaan mobil listrik di Indonesia bukanlah hal yang mustahil, karena ia dan timnya sendiri sudah melakukannya dengan berkendara menggunakan mobil listrik dari Surabaya ke Aceh.