Uang Kuliah Jalur Mandiri Unsyiah Capai Rp 30 Juta

13.07.2015 admin

Biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) jalur mandiri, atau Ujian Masuk Bersama (UMB) sudah dirilis di situs resmi www.unsyiah.ac.id Senin (13/7). Biaya kuliah  jalur mandiri ini bisa mencapai Rp30 juta per semester. Besaran biaya kuliah tersebut diperuntukkan khusus bagi mahasiswa jenjang S1 dan Diploma III jalur mandiri.

Rektor Unsyiah Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng mengatakan, pendaftar jalur mandiri sampai saat ini masih minim. Mungkin para calon mahasiswa mempertimbangkan tentang besaran biaya kuliah yang harus dibayar ketika proses perkuliahan. Namun, jumlah pendaftar kemungkinan dapat meningkat tajam menjelang masa penutupan pendaftaran.

Hingga kemarin (Senin, 13/7), jumlah pendaftar UMB baru sebanyak 903 orang, di mana 377 orang pendaftar IPA, 285 orang pendaftar IPS, serta 241 orang pendaftar campuran. Sedangkan tahun lalu, pendaftar jalur tersebut mencapai 3.783 orang. Jumlah mahasiswa baru yang akan diterima melalui jalur UMB berkisar 20 persen, atau sekitar 1.300 orang, dari total penerimaan mahasiswa tahun 2015. Jadwal pendaftaran UMB sudah dimulai sejak 8 Juni – 31 Juli 2015 di laman www.spmb.or.id.

Biaya kuliah tertinggi jalur ini ada di Fakultas Kedokteran Gigi (FKG), karena proses perkuliahannya yang harus dijalani banyak menjalani praktikum sehingga membutuhkan alat-alat pendukung selama masa praktek. FKG menetapkan biaya kuliah sebanyak Rp60 juta per tahun atau Rp30 juta per semester. Selain itu, urutan kedua disusul oleh Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran (FK). Mahasiswa kedokteran jalur mandiri harus membayar Rp27,5 juta tiap semesternya.

Biaya kuliah paling rendah untuk jenjang S1 melalui jalur ini yaitu di Fakultas Hukum dan FISIP, yaitu sebesar Rp 4,5 juta. Sementara untuk jenjang D3, biaya yang paling rendah adalah Program Studi D3 Kedokteran Hewan yang hanya membebankan uang kuliah sebesar Rp1,8 juta tiap semester. Di samping itu, D3 Teknik Sipil, Tenik Mesin, Teknik Listrik, dan Teknik Kimia mewajibkan mahasiswanya untuk membayar Rp2,5 juta per semester. Besaran UKT Unsyiah jalur mandiri secara lengkap dapat diunduh di situs resmi Unsyiah pada bagian pengumuman.

Sementara itu, pengumuman kelulusan mahasiswa ke PTN melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) telah diumumkan pada tanggal 9 Juli lalu. Para calon mahasiswa yang telah lulus melalui jalur ini masih harus melakukan pendaftaran ulang sejak tanggal 22 Juli 2015. Beberapa proses pendaftaran ulang dapat dilakukan melalui internet dari lokasi manapun yang terjangkau layanan online. Informasi lengkap tentang pendaftaran ulang jalur ini tertuang di laman www.unsyiah.ac.id. (rz/i’m)