Unsyiah bersama 10 Universitas Sharing Kanker Mulut

07.08.2018 Humas

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Syiah Kuala (FKG Unsyiah) bersama 10 universitas lainnya dari berbagai negara terlibat sharing ilmu tentang managemen bedah terbaru kanker mulut. Sharing ilmu ini berlangsung secarateleconference di Aula FKG, Selasa (7/8), yang terhubung langsung dengan The Asia Pacific Advanced Network (APAN 46) di Auckland, New Zealand. APAN 46 merupakan lembaga yang mengkoordinir kerja sama, penelitian, sharing ilmu pengetahuan yang terdiri dari 17 negara anggota.

Wakil Dekan I FKG Unsyiah, drg. Sri Rezeki, Sp.PM., mengatakan kegiatan ini merupakan kali pertama diselenggarakan oleh FKG Unsyiah. Dalam kegiatan ini, para audiens yang terdiri dari para dosen dan mahasiswa mengikuti pemaparan dari beragam pembicara universitas. Tercatat ada enam pembicara yang mempresentasikan beragam topik. Mereka berasal dari tiga universitas di Jepang, yaitu Kyushu University, Tohoku University, Kagoshima University. Selain itu juga dari National Taiwan University, Patan Academy of Health Science, dan Universitas Indonesia.

“Dari kegiatan ini, para dosen dan mahasiswa dapat mengetahui perkembangan terbaru di bidang kedokteran gigi, terutama dari negara maju.”

Sri menambahkan, dunia kedokteran gigi saat ini terus mengalami perkembangan, termasuk di antaranya penemuan-penemuan baru yang dapat diterapkan di Aceh suatu saat nanti. Ia mengambil contoh seperti penanganan kanker mulut di Jepang yang dapat mengobati pasien dengan sembuh sempurna. Begitu juga dengan penggunaan proton laser di Taiwan yang dapat mengobati pasien tumor mulut. Ia berharap dengan kegiatan ini dapat membuka wawasan baru bagi sivitas akademika FKG Unsyiah.

“Kegiatan ini selain menyampaikan hasil penemuan terbaru, juga sebagai sharing ilmu antar universitas,” pungkas Sri.

Selain FKG Unsyiah, teleconference ini juga diikuti beberapa FKG universitas lainnya di Indonesia, seperti dari Universitas Sumatera Utara, Universitas Indonesia, dan Universitas Brawijaya. [fer]