Unsyiah Buka Lima Prodi Baru

01.02.2016 Humas

Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) telah membuka lima program studi (Prodi) baru mulai tahun ajaran 2016/2017. Dari jumlah tersebut, empat di antaranya merupakan Prodi program sarjana (S1), dan satu Prodi program magister (S2). Kepastian ini didapatkan setelah Unsyiah menerima surat keputusan (SK) dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Nomor 46 Tahun 2016, tentang dibukanya Prodi Kehutanan dan Prodi Teknik Komputer di Unsyiah, pada Jumat (29/1) di Jakarta. Sementara itu, sebelumnya, Unsyiah juga menerima SK Kemenristekdikti Nomor 187 Tahun 2015 tentang pembukaan Prodi Proteksi Tanaman, juga SK Nomor 20 tentang pembukaan Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota, serta Prodi Magister Teknologi Industri Pertanian.

Ke-empat Prodi baru S1 Unsyiah ini juga mulai menerima mahasiswa baru melalui semua jalur masuk ke Unsyiah tahun ini. Unsyiah akan menerima sebanyak 6.580 orang mahasiswa baru untuk tahun ajaran 2016/2017, yang akan diterima melalui tiga jalur utama, yaitu jalur undangan atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN), jalur test tulis atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN), dan jalur mandiri. Masing-masing Prodi baru program sarjana ini akan menampung 40 orang mahasiswa baru dari ketiga jalur masuk tahun ini.

Secara keseluruhan Unsyiah telah memiliki 63 program studi program sarjana (S1) yang dibuka untuk pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN tahun ini. Selain program sarjana, Unsyiah juga telah memiliki 28 program studi magister, serta tujuh program studi doktor. Unsyiah juga memiliki program pendidikan spesialis, program pendidikan profesi, serta program diploma (D3).

Rektor Unsyiah, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng berharap bahwa seluruh prodi baru yang dibuka di Unsyiah ini dapat memperluas akses pendidikan tinggi bagi masyarakat. Dan keempat prodi S1 ini juga dapat memberi alternatif pilihan bagi para calon mahasiswa baru Unsyiah.

Untuk meminimalisasi kesalahan pemilihan prodi dan untuk memudahkan masyarakat dalam proses penerimaan mahasiswa baru jalur SNMPTN, Panitia lokal Unsyiah telah mengunggah beberapa video di youtube melalui akun UnsyiahTV. Beberapa informasi penting terkait SNMPTN dan Beasiswa Bidikmisi juga tersedia dalam akun tersebut.(i’m)