Unsyiah dan Pemko Banda Aceh Perkuat Program Pengembangan Ekonomi kreatif

19.07.2018 Humas

 

Rektor Unsyiah, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng., dan Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman meluncurkan buku berjudul One Village One Product (OVOP) di Balai Senat Unsyiah, Rabu (18/7). Buku tersebut berisikan informasi 116 produk usaha ekonomi kreatif serta produk mikro kecil dan menengah (UMKM).

Rektor Unsyiah menyampaikan apresiasi atas terbitnya satu buku informasi mengenai usaha yang berkembang di masyarakat. Unsyiah juga berharap kerjasama yang sudah terjalin selama ini dengan Pemerintah Kota Banda Aceh bisa menambah produk-produk ekonomi lainnya. Selain itu, pemanfaatan tenaga ahli yang bisa menjadi nilai lebih dalam pembuatan suatu produk.

‘’Jadi kita mendukung program ini untuk terus melahirkan produk kreatif di masyarakat, Unsyiah siap membantu. Dengan sumber daya manusia yang kita miliki bisa terus memberikan hasil produk yang baik.’’ Ujar Rektor

Rektor menambahkan, di era e-commerce untuk meningkatkan daya saing dan kualitas produkperlu menjaga kualitas yang baik serta memperhatikan kemasan. Selain itu pemanfaatan informasi dan teknologi sangat diperlukan untuk mempromosikan produk lokal secara nasional atau internasional dan bisa berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat.

‘’Saat ini jamannya sudah online, jadi sangat mudah untuk menjual produk asalkan kualitasnya terjamin. Harus konsisten menjaga kualitas, perhatikan kemasan dan promosi, jika itu bisa kita jalankan nantinya berdampak pada pendapatan masyarakat juga.’’Kata Rektor

Sementara itu, Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman menyampaikan kerjasama ini bisa menjadi salah satu cara pengembangan produk lokal yang baik dan sebagai sarana promosi pariwisata Aceh, khususnya Kota Banda Aceh.

‘’Dengan seringnya event yang kita selenggarakan bisa menjadi sarana penjualan produk ekonomi kreatif dan UMKM serta bisa meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kota Banda Aceh. Banyak wisatawan lokal maupun domestik yang datang pasti pulang membawa oleh-oleh.’’ Ungkap Aminullah

Pada kunjungan tersebut, Wali Kota Banda Aceh juga mengharapkan peran Unsyiah untuk terus mendukung program-program yang dilaksanakan Pemerintah Kota. Dengan adanya pengembangan ekonomi melalui program OVOP ini bisa memberikan masukan untuk 90 gampong se-Banda Aceh yang sudah terdata dalam pengembangan industri ekonomi kreatif masyarakat. (Syr)