Unsyiah dan UiTM Jalin Kerja Sama

19.10.2017 Humas

Universitas Syiah Kuala dan Universiti Teknologi Mara (UiTM) Cawangan Perak Malaysia sepakat menjalin kerja sama dalam bidang akademik. Hal ini disampaikan dalam pertemuan antara Rektor Unsyiah Prof.Dr.Ir.Samsul Rizal, M.Eng dengan Rektor UiTM Prof. Madya SR DR MD. Yusof bin Hamid di Ruang Mini Rektor Unsyiah, Darussalam. (Rabu, 18/10).

Adapun yang menjadi kesepakatan dalam kerja sama ini adalah publikasi jurnal ilmiah, penyelenggaraan konferensi, program beasiswa magister dan pertukaran mahasiswa serta dosen khususnya di bidang arsitektur dan akuntansi.

Rektor Unsyiah mengatakan, selama ini Unsyiah telah banyak menjalin kerja sama dengan Universitas yang ada di Malaysia.  Kerja sama tersebut cukup membantu Unsyiah dalam upaya untuk meningkatkan kualitas akademiknya. Oleh karena itu, menurut Rektor, hal-hal yang telah disepakati dalam kerja sama ini harus menjadi komitmen bersama.

“Tentu saja kita sangat setuju dengan kerja sama seperti ini. Mahasiswa dan dosen Unsyiah bisa belajar lebih banyak sehingga bisa meningkatkan kompetensinya,” ujar Rektor.

Rektor UiTM menjelaskan, khusus untuk kesepakatan pertukaran dosen. Caranya adalah dosen Unsyiah menjadi dosen tamu selama beberapa bulan di UiTM. Pihak Kampus UiTM akan menanggung akomodasi dosen Unsyiah selama di Malaysia. Untuk itulah, Rektor UiTM berharap, hal yang sama bisa Unsyiah berikan kepada dosen UiTM selama berada di Unsyiah nantinya.

“Untuk masalah penginapan kita siap menampung dosen serta mahasiswa Unsyiah. UiTM punya fasilitas untuk itu, Unsyiah cukup menanggung biaya transportasinya saja. Dan kita ingin perlakuaan yang sama dari Unsyiah,” ujar Rektor UiTM.

Dalam pertemuan ini, Rektor Unsyiah juga menjelaskan sejarah berdirinya Unsyiah serta hubungan Kerajaan Aceh dengan Pahang, Malaysia.

Turut hadir dalam pertemuan ini Wakil Rektor IV Unsyiah Dr. Nazamuddin MA, Kepala Pusat Pengembangan Sistem Manajeman Mutu LP3M Unsyiah Dr.Ir. Aman Yaman. Lalu Peneliti UiTM DR. Siti Rasidah MD. SAKIP dan Dosen Senior UiTM Prof. Madya DR. Mohd Sabrizaa Abd Rashid.