Unsyiah Gelar International Food Festival

18.09.2018 Humas

Humas Unsyiah - Universitas Syiah Kuala, 18-20 September 2018, mengadakan festival kuliner internasional atau Internasional Food Festival (IFF) III, di halaman Gedung Gelanggang Mahasiswa Prof. A. Madjid Ibrahim, Darussalam, Banda Aceh.

Festival ini menampilkan beragam makanan dari beberapa negara, seperti Korea, Jepang, Inggris, Thailand, Turki, Jerman, Turkmenistan, Malaysia, dan Indonesia. Makanan khas dari setiap negara itu disajikan oleh peserta yang merupakan mahasiswa asing di Unsyiah.

Wakil Rektor Unsyiah Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. Marwan, mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu ajang pertukaran budaya, terutama ragam kuliner. Ia berharap mahasiswa dapat lebih mengenal dan belajar tentang kuliner mancanegara. Terlebih lagi menurut Prof. Marwan, kuliner setiap negara memiliki kekhasan dan keunikan tersendiri baik dari segi rasa maupun penyajiannya.

  

“Dari kegiatan ini mahasiswa diajak untuk mengenal lebih dekat kekayaan kuliner dari banyak negara sehingga memberikan pengetahuan baru tentang kuliner dan budaya,” harap Marwan.

Kepala Urusan Internasional (Office of International Affair) Unsyiah, Dr. Muzailin Affan, mengatakan IFF merupakan bagian dari rangkaian kegiatan milad ke-57 Unsyiah tahun ini. Festival kuliner ini merupakan kegiatan ketigakalinya diselenggarakan OIA sejak tahun 2016. Pada awalnya, kegiatan ini merupakan Festival Korea Food, namun seiring bertambahnya mahasiswa asing di Unsyiah, kegiatan ini diperluas menjadi festival internasional.

Ia juga menambahkan, selain melibatkan mahasiswa asing, kegiatan ini juga melibatkan mahasiswa dan peneliti asing yang sedang mengikuti program Darmasiswa RI, sebuah program beasiswa bagi mahasiswa luar negeri yang belajar Bahasa Indonesia di Unsyiah.

International Festival Food turut dimeriahkan dengan demo masak, food court, photo contest, hingga atraksi budaya.