Unsyiah Imbau Sekolah Isi Pangkalan Data

03.02.2017 Humas

HUMAS - Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) mengimbau seluruh sekolah tingkat SMA/MA/SMK untuk segera mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) secara benar. Masa pengisian PDSS akan berakhir sampai 10 Februari 2017, Darussalam, Banda Aceh, Jumat (3/2).

Wakil Rektor I Bidang Akademik Unsyiah, Dr Hizir mengatakan, pengisian PDSS sudah dimulai sejak 14 Januari 2017 hingga 10 Februari 2017. PDSS wajib diisi oleh semua sekolah SMA/MA/SMK. Setelah diisi, PDSS harus diverifikasi kembali mulai 15 Januari – 12 Februari 2017. Pengisian PDSS menjadi syarat mutlak bagi sekolah untuk mendaftarkan siswanya di jalur penerimaan calon mahasiswa Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

“Masa pengisian PDSS hanya tinggal seminggu lagi. Maka manfaatkan waktu sebaik mungkin. Tanpa PDSS maka sekolah tidak bisa mengikutsertakan siswanya untuk masuk PTN melalui jalur SNMPTN,” ujarnya.

Disebutkan, apabila terdapat masalah dalam pengisian PDSS dapat segera menghubungi panitia pusat di nomor 0804-1-450-450 atau di lamanhttp://halo.snmptn.ac.id/. Menurut Hizir, kuota penerimaan mahasiswa baru tahun 2017 berbeda dari tahun lalu. Tahun ini kuota penerimaan mahasiswa jalur SNMPTN sebanyak 30 persen yang sebelumnya 35 persen. Sedangkan penerimaan calon mahasiswa jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) sebesar 40 persen dan jalur Mandiri 30 persen.

“Pendaftaran SNMPTN akan dimulai sejak 21 Februari – 6 Maret 2017,” sebut Dr Hizir.

Ia menjelaskan, bagi siswa dari keluarga kurang mampu dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan Bidikmisi melalui situs http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/. Biaya pendaftaran SNMPTN sepenuhnya ditanggung pemerintah. Sekolah yang boleh mendaftar SNMPTN adalah yang berakreditasi A dengan kuota 50 persen. Sedangkan sekolah yang berakreditasi B kuotanya 30 persen, sekolah berakreditasi C sebanyak 10 persen, dan akreditasi lainnya sebanyak 5 persen.

“Selain itu, Unsyiah menegaskan agar pihak sekolah tidak merekayasa nilai rapor atau melakukan pencucian rapor. Apabila terbukti memanipulasi nilai rapor maka kelulusan siswanya akan dibatalkan,” tegasnya.

 

Sosialisasi SNMPTN ke Daerah

 

Guna memastikan proses SNMPTN berjalan lancar, tim Humas Unsyiah juga telah melakukan sosialisasi ke daerah-daerah, antara lain Kabupaten Aceh Tengah, Bener Meriah, Gayo Lues, dan Aceh Tenggara pada 29 Januari – 1 Februari 2017.

Kepala Humas Unsyiah, Husni Friady ST MM memaparkan, tim Humas Unsyiah yang terlibat dalam panitia SNMPTN sudah melakukan sosialisasi ke wilayah tengah dan tenggara.

“Sosialisasi SNMPTN ini mengundang seluruh kepala sekolah (kepsek) dan operator PDSS di wilayah tersebut,” paparnya.

Ia menambahkan, sosialisasi SNMPTN dipusatkan di dua titik, yakni di Takengon dan Gayo Lues. Sosialiasi di Takengon berlangsung di gedung UPTD PPMG Aceh Tengah ditujukan untuk para kepsek dan operator di Aceh Tengah dan Bener Meriah. Sementara sosialisasi untuk wilayah Gayo Lues dan Aceh Tenggara dipusatkan di kampus PDD Gayo Lues Unsyiah.

 

Editor: Reza Fahlevi