Unsyiah Jalin Kerja Sama dengan DPP IKAN

03.10.2017 Humas

Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) dan Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Keluarga Anti Narkoba (DPP IKAN) melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama di Balai Senat Unsyiah, Senin (2/10). Kerjasama ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan kampus yang bebas dari penyalahgunaan narkoba, meningkatkan pemahaman dan kepedulian mahasiswa terhadap bahaya narkoba, meningkatkan peran kampus dalam melindungi mahasiswa dari narkoba, sekaligus mewujudkan berdirinya Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Anti Narkoba.

Ketua Umum DPP IKAN, Syahrul Maulidi, SE., M.Si mengatakan kerja sama ini dilakukan untuk menyelamatkan generasi muda Aceh dan dunia pendidikan dari bahaya narkoba. Sebab menurutnya, saat ini narkoba telah masuk hampir di seluruh lini kehidupan masyarakat. Aceh yang dulunya hanya daerah transit narkoba, sekarang telah menjadi pasar utama peredaran narkoba. Jalur masuknya melalui banyak pelabuhan tikus dan transaksi di tengah laut lepas.

“Hampir seluruh kriminalitas di Aceh berawal dari narkoba dan kita butuh bersinergi untuk sama-sama memerangi narkoba dan menyelamatkan generasi muda Aceh,” ujar Syahrul.

Sementara itu Rektor Unsyiah, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng menyambut baik kerja sama ini dan berharap generasi muda dapat selamat dari bahaya narkoba. Sebab menurut Rektor, seseorang yang telah kena narkoba akan sulit untuk meraih prestasi dan memberikan sumbangsih bagi bangsa. Ia berharap dari kerja sama ini akan lahir Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang fokus pada anti narkoba sehingga dapat memberikan pemahaman baik bagi mahasiswa agar tidak terjerumus.

“UKM ini nantinya dapat bersinergi dengan lembaga terkait agar memberikan pemahaman tentang bahaya narkoba kepada masyarakat terutama bagi mahasiswa,” pungkasnya.